Lorenza, Friska (2024) Analisis Gaya Komunikasi Host Konten Edukasi Untuk Anak Usia Dini (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Pada YouTube Kinderflix). S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover & Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (83kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version Download (174kB) |
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version Download (37kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (195kB) |
|
Text (Skripsi Friska Lorenza - Full Text)
Skripsi Friska Lorenza - Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Konten edukasi untuk anak usia dini mengalami perkembangan pesat denganbkehadiran berbagai platform digital, salah satunya YouTube. YouTube menjadi aplikasi yang banyak digunakan creator anak untuk membagikan konten karena dapat memberikan pembelajaran yang bersifat audio visual dan dapat diakses dengan mudah. Salah satu saluran YouTube yang mendukung pembelajaran anak usia dini adalah Kinderflix. Kinderflix menyediakan konten edukasi dengan menghadirkan host yang berperan sebagai pengajar sekaligus pemandu acara Kinderflix. Kehadiran host menjadi daya tarik tersendiri karena pembawaan host yang membedakan dengan konten animasi anak pada umumnya. Host Kinderflix juga tentunya harus menerapkan gaya komunikasi yang tepat, mengingat konten ini dikhususkan untuk anak usia dini yang masih berada pada masa tumbuh kembang sehingga mereka akan cenderung mengimitasi hal yang dilihat dan didengar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya komunikasi yang digunakan host Kinderflix serta peran Kinderflix sebagai salah satu media pembelajaran untuk anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teori semiotika Charles Sanders Peirce. Adapun data penelitian didapatkan dari hasil observasi dan dokumentasi. Peneliti menguraikan komunikasi verbal dan nonverbal yang dilakukan host kemudian mengamati gaya komunikasi yang digunakan host Kinderflix dalam konten mereka. Berdasarkan hasil Penelitian gaya komunikasi yang digunakan host yaitu, bahasa yang sederhana, intonasi beragam dan ekspresif, bahasa tubuh yang mendukung, ramah dan penuh perhatian serta pengulangan konsep. Penyajian konten juga didukung lagu sederhana yang interaktif sesuai dengan tema pembelajaran yang divisualisasikan sehingga dapat langsung dipraktikkan anak. Konten juga ditampilkan dengan animasi dan terdapat bahasa isyarat dalam beberapa scene untuk mendukung pembelajaran bagi anak usia dini yang berkebutuhan khusus.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Sarmiati, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Gaya Komunikasi, Host, Konten edukasi anak usia dini |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 04:49 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 04:49 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/481822 |
Actions (login required)
View Item |