PENERAPAN PELAYANAN PRIMA DADA BIRO DIPLOMA III FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ANDALAS

Oki, Andrianus (2019) PENERAPAN PELAYANAN PRIMA DADA BIRO DIPLOMA III FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER PDF.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB 1 PDF.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
BAB 5 PDF.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir full text)
TUGAS AKHIR PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (981kB)

Abstract

Pelayanan prima merupakan sebuah bentuk keseharusan atau tuntutan dalam industri jasa maupun dagang ketika menghadapi konsumen/masyarakat. Hal ini kemudian mengakibatkan para perusahaan atau istansi memberikan sevis yang memuaskan kepada para pelanggannya akan beralih ke yang lainnya. Pelayanan adalah suatu kegiatan atau urutan kegiatan yang terjadi dalam interaksi langsung antara seseorang dengan orang lain atau mesin secara fisik, dan menyediakan kepuasan pelanggan. Dalam Kamus besar Bahasa Indonesia dijelaskan pelayanan sebagai usaha yang melayani kebutuhan orang lain. Sedangkan melayani adalah membantu menyiapkan (mengurus) apa yang diperlukan seseorang (Barata, 2003:30). Secara sederhana pelayanan prima (service excellence) adalah suatu pelayanan yang terbaik dan memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan. Dengan kata lain, pelayanan prima merupakan suatu pelayanan yang memenuhi standar kualitas suatu pelayanan yang sesuai dangan harapan dan kepuasan pelanggan/masyarakat. Pelayanan adalah suatu kegiatan atau aturan kegiatan yang terjadi dalam interaksi langsung antara seseorang dengan orang lain atau mesin secara fisik, dalam menyediakan kepuasan pelanggan (Barat, 2003:30). Definisi lain menyangkutkan bahwa pelayanan adalah suatu bentuk kegiatan pelayanan yang dilaksanakan oleh intansi pemerintah baik dipusat, di istansi/perusahaan dalam bentuk barang maupun jasa dalam rangka pemenuhan kebutuhan masyarakat sesuai perundang-undang yang berlaku (KEPMENPAN 81/93). Menurut Daviddow dan Uttal (1989) pelayanan merupakan kegiatan/keuntungan yang ditawarkan oleh organisasi atau perorangan kepada konsumen/costomer yang bersifat tidak berwujud dan tidak dapat dimiliki. Dalam pelayanan yang disebut konsumen (costomer) adalah masyarakat yang mendapat manfaat dari aktivitas yang dilakukan oleh organisasi atau pertugas dari organisasi pemberi layanan (Lukman & sugiyanto, 2001:4). Pelayanan prima pada hakikatnya adalah serangkaian kegiatan yang memberikan kepuasan pada pelanggan baik secara internal maupun eksternal berdasarkan standard dan prosedur pelayanan. Proses pelayanan berlangsung secara rutin dan berkesinamabungan, meliputi seluruh kehidupan organisasi dalam masyarakat. Proses yang dimaksudkan dilakukan sehubungan dengan saling memenuhi kebutuhan antara penerima dan pemberi pelayanan (Suwithi, 1999; 4). Pelayanan prima (service Excellent) adalah suatu pelayanan yang terbaik dalam memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan. Dengan kata lain, pelayanan prima merupakan suatu pelayanan yang memenuhi standard kuakitas. Pelayanan yang memenuhi standard kualitas adalah suatu pelayanan yang sesuai dengan harapan dan kepuasan pelanggan/masyarakat (Maddya, 2009:8). Kemudian pendapat lain mengatakan bahwa pelayanan prima adalah kepedulian terhadap pelanggan. Jadi pelayanan prima pada dasarnya adalah rasa kepedulian organisasi yang berorientasi social (nonprofit) terhadap pelanggan yang ditunjukan dengan adanyan sikap, perhatian, dan tindakan nyata, sehingga pelanggan merasa nyaman dengan pelayanan prima yang diberkan (Pratomo & Shaff, 2000; 107). Mengenai pelayanan prima untuk memenuhi kepuasan pelanggan atau konsumen, yang sering kali diungkapkan oleh para pelaku bisnis dan perusahaan. Terdapat dalam buku pelayanan prima (Barata, 2003: 27): 1. Layanan prima adalah membuat pelanggan merasa penting. 2. Layanan prima adalah melayani pelanggan dengan ramah, tepat, dan cepat. 3. Layanan prima adalah pelayanan dengan mengutamakan kepuasan pelanggan. 4. Layanan prima adalah layanan optimal yang menghasilkan kepuasan pelanggan. 5. Layanan prima adalah menepatkan pelanggan sebagai mitra. 6. Layanan prima adalah kepedulian kepada pelanggan untuk memberikan rasa puas. 7. Layanan prima adalah upaya layanan terpadu untuk kepuasan pelanggan. Pelayanan prima (service excellence) adalah sebuah kepedulian oleh perusahaan tinggi. Pelayanan prima dapat dipahami sebagai melayani sebagai melayani lebih dari yang diharapkan, dengan memberikan perhatian kepada waktu, ketepatan, keamanan, kenyamanan, kualitas, biaya, proses, dan kepuasan. Begitu pula dengan Biro Diploma III Fakultas Ekonomi Universitas Andalas. Dimana memberikan pelayanan bagi mahasiswa yang mengurus berbagai kebutuhan/keperluan salah satunya dalam bentuk memberikan tarnskip nilan, memberikan pelayanan bagi mahasiswa yang mendaftar ulang, mengurus jadwal perkuliahan, mengurus mahasiswa PKL, memberi pelayanan bagi mahasiswa yang mau mengadakan kompre dan lain sebagainya. Sehingga bagi istansi harus melakukan pelayanan untuk mahasiswa dalam memudahkan keperluan-keperluan yang mereka urus, serta memberikan pelayanan yang baik dengan cara membuat papan pengumuman, memberikan layanan informasi yang jelas, dengan begitu pelayanan prima dalam mengurus keperluan mahasiswa dapat terlaksana dengan baik. Oleh karena itu perlu melakukan penelitian untuk mengetahui apakah penerapan pelayanan yang dilakukan telah efisien dan efektif sehingga dapat meningkatkan layanan dari Biro Diploma III Fakultas Ekonomi Univesitas Andalas yang bertujuan untuk mengurus keperluan mahasiswa. Berdasarkan dari permasalahn yang penulis temui diatas, maka penulis mencoba membahas masalah yang ada untuk disajikan dalam bentuk tugas akhir dengan judul “Penerapan Pelayanan Prima Pada Biro Diploma III Fakultas Ekonomi Univesitas Andalas”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Arief Prima Johan,SE.M.Sc
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 Kesekretariatan dan Manajemen Perkantoran
Depositing User: d3 kesekretariatan ekonomi
Date Deposited: 25 Jul 2019 11:36
Last Modified: 25 Jul 2019 11:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/48047

Actions (login required)

View Item View Item