ALIA PUTRI, NADINDRA (2024) BACK TO 90'S: FASHION 90'S BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS ANDALAS. S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (240kB) |
|
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version Download (764kB) |
|
Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version Download (176kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (240kB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Nadindra Alia Putri, 2010821018, Departemen Antropologi Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang, 2024. “Back to 90’s: Fashion 90’s Bagi Mahasiswa Universitas Andalas”, Pembimbing I Dr. Zainal Arifin, M.Hum dan Pembimbing II Dra. Ermayanti, M.Si. Fashion merupakan bagian penting dari kehidupan manusia, terlihat dari cara berpakaian, model pakaian, dan cara menampilkan diri, baik di media sosial maupun dalam kehidupan sehari-hari. Fashion selalu berkembang, namun masih terpengaruh dengan mode fashion sebelumnya. Tema old fashion, khususnya fashion tahun 90-an atau fashion 90’s, masih populer dan menjadi inspirasi gaya pakaian terutama di kalangan anak muda. Jika dilihat banyak mode atau jenis fashion terbaru yang ditemukan sebagai gaya berpakaian masyarakat urban sekarang, namun fashion 90’s masih diminati oleh kalangan anak muda yang justru tidak pernah mengalami masa di tahun 90-an, seperti mahasiswa di Universitas Andalas. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan alasan mahasiswa memilih fashion seperti fashion 90’s dan mendeskripsikan nilai-nilai budaya yang mempengaruhi kembalinya fashion 90’s di kalangan mahasiswa Universitas Andalas. Penelitian ini merupakan penilitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dimana peneliti melakukan observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan studi kepustakaan dengan pendekatan teori materialisme budaya. Hasil penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Andalas menggunakan fashion 90’s dengan alasan ada ekspresi dan jati diri yang ditunjukkan, adanya ketersediaan fashion 90’s yang mendukung, pengaruh dari lingkungan, baik keluarga maupun pertemanan, pengaruh dari media sosial serta public figure yang mereka ikuti, dan kondisi ekonomi yang mempengaruhi pilihan fashion. Alasan tersebut juga menunjukkan adanya prinsip abstrak yang mempengaruhi mereka memakai fashion 90’s di zaman modern, seperti nilai estetika, nilai kesopanan, dan nilai bergengsi yang mereka pahami. Kata Kunci: Fashion, Fashion 90’s, Nilai Budaya, Mahasiswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Dr.Zainal Arifin, M.Hum; Dra. Ermayanti, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Fashion; ashion 90’s; Nilai Budaya; Mahasiswa |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Antropologi Sosial |
Depositing User: | S1 Antropologi Sosial |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 01:46 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 01:46 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/480274 |
Actions (login required)
View Item |