INTERAKSI PARASOSIAL FANDOM “CARAT” SEVENTEEN DI MEDIA SOSIAL WEVERSE

Fidella, Athalia (2024) INTERAKSI PARASOSIAL FANDOM “CARAT” SEVENTEEN DI MEDIA SOSIAL WEVERSE. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (705kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (595kB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (468kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (610kB)
[img] Text (FULL SKRIPSI)
Fidella_SKRIPSI Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Media sosial telah menjadi platform utama bagi penggemar untuk berinteraksi dengan idola mereka. Salah satu fenomena yang muncul dari perkembangan ini adalah interaksi parasosial, di mana penggemar merasakan hubungan emosional yang kuat dengan tokoh media atau selebriti meskipun tanpa adanya interaksi timbal balik yang nyata. Media sosial Weverse, yang dirancang khusus untuk memfasilitasi komunikasi antara idola dan penggemar, telah menjadi tempat yang penting bagi fandom K-Pop, termasuk fandom Carat, penggemar dari grup Seventeen, untuk membangun interaksi parasosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana interaksi parasosial di Weverse membentuk identitas diri anggota fandom Carat terkait dengan grup Seventeen. Metode yang digunakan adalah deskriptif dan pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa paparan awal terhadap konten Seventeen di Weverse membentuk persepsi awal penggemar, yang kemudian berkembang melalui keterlibatan berkelanjutan di platform tersebut. Penggemar mulai mengidentifikasi diri mereka dengan nilai-nilai dan karakteristik anggota Seventeen, yang secara signifikan memperkuat identitas diri mereka dan membangun rasa kedekatan dengan idola. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa keterlibatan aktif penggemar dalam berbagai aktivitas fans mempererat rasa persahabatan di antara sesama penggemar, yang juga memperkuat identitas mereka sebagai Carat. Dampak emosional dari interaksi parasosial ini juga mendorong penggemar untuk melakukan tindakan nyata, seperti upaya untuk berinteraksi langsung dengan idola.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Vitania Yulia, MA
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Interaksi Parasosial, Weverse, Identitas Diri, Fandom Carat, Seventeen
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 26 Aug 2024 09:21
Last Modified: 26 Aug 2024 09:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/479053

Actions (login required)

View Item View Item