PEMANFAATAN INSTGARAM SEBAGAI MEDIA INFORMASI DI DIREKTORAT JENDERAL PERHUBUNGAN LAUT (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun Instagram @dplkemenhub151)

Fauziah, Putri Khuzaimah (2024) PEMANFAATAN INSTGARAM SEBAGAI MEDIA INFORMASI DI DIREKTORAT JENDERAL PERHUBUNGAN LAUT (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun Instagram @dplkemenhub151). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (227kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB)
[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf

Download (63kB)
[img] Text (FULL SKRIPSI)
FAUZIAH_PUTRI_KHUZAIMAH_1910863004_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Bab 5)
BAB 5 PENUTUP.pdf

Download (65kB)

Abstract

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) merupakan Sub Sektor di Kementerian Perhubungan yang memiliki tanggung jawab dibidang Transportasi laut. Dalam melaksanakan tugasnya Humas Ditjen Hubla memanfaatkan media sosial Instagram untuk memberikan informasi seputar kegiatan perhubungan laut malalui akun @djplkemenhub151. Akan tetapi, rendahnya engagement Instagram menjadi hambatan dalam meraih feedback dari followernya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media sosial Instagram @djplkemenhub151 sebagai media informasi melalui beberapa komponen yaitu: share, manage, optimize, dan engage. Penelitian ini menggunakan teori utama media sosial yaitu The Circular Model of SoMe dari Regina Luttrell. Menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan paradigma Konstruktivis. Terdapat lima informan dalam penelitian ini, 2 informan dari Humas Ditjen Hubla dan 3 Informan dari followers akun @djplkemenhub151. Hasil penelitian menunjukan pada tahap share, pemilihan media sosial Instagram oleh Humas Ditjen Hubla terbilang sudah tepat karena sudah disesuaikan dengan audit komunikasi yang dibutuhkan serta ketepatan pemilihan Instagram juga didukung dengan kelebihan yang dimiliki dalam segi visualisasi. Pada tahap optimize, pemanfaatan instagram @djplkemenhub151cukup optimal namun Humas Ditjen Hubla tidak memiliki strategi khusus dalam mengembangkan akun Instagramnya. Namun dari itu ada banyak fitur yang disediakan Instagram seperti hashtag, instastory, reels, highlight dan lainnya sehingga bisa membantu tim media sosial dalam memanfatakan Instagram sebagai media informasi dengan lebih baik. Pada tahap manage, untuk melakukan media monitoring Humas Ditjen Hubla masih mengerjakan secara manual. Kekurangan sumber daya manusia membuat akun Instagram @djplkemenhub151 belum bisa maksimal dalam memberikan respon untuk followers. Pada tahap engage, diketahui followers Instagram @djplkemenhub151 tidak selalu aktif mengikuti perkembangan Instagram. Maka dari itu untuk menarik minat followers humas Ditjen Hubla menjalin kerja sama dengan influencer, komunitas dan instansi berkaitan sera membuat konten seperti giveaway untuk dapat membantu menaikan reach dari akun @djplkemenhub151.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ernita Arif, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Instagram, The Circular Model of SoMe
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 23 Aug 2024 09:50
Last Modified: 23 Aug 2024 09:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/478805

Actions (login required)

View Item View Item