DINAMIKA OPINI PUBLIK TERHADAP PERSONALISASI KONTEN BERITA DI JPNN.COM (ANALISIS PERSEPSI PENGGUNA)

Aidina, Fitra (2024) DINAMIKA OPINI PUBLIK TERHADAP PERSONALISASI KONTEN BERITA DI JPNN.COM (ANALISIS PERSEPSI PENGGUNA). Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (221kB)
[img] Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (220kB)
[img] Text (bab vi)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (214kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (445kB)
[img] Text (full)
full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dinamika opini publik terhadap penerapan personalisasi konten berita di portal berita Jpnn.com. Dengan menggunakan metode analisis persepsi pengguna, penelitian ini mengevaluasi persepsi pembaca terhadap berita yang dipersonalisasi, keberagaman informasi yang diterima, serta evaluasi mereka terhadap kualitas berita dengan mempertimbangkan personalisasi konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun sebagian besar pembaca merasa personalisasi membantu memberikan informasi yang lebih relevan, namun ada kekhawatiran tentang potensi bias, pembatasan pandangan, dan berkurangnya keberagaman informasi akibat filter bubble. Selain itu, pembaca juga mengharapkan adanya transparansi lebih lanjut dari Jpnn.com terkait algoritma personalisasi yang digunakan. Temuan ini menggarisbawahi perlunya keseimbangan antara personalisasi yang relevan dan keberagaman informasi yang disajikan. Jpnn.com perlu mengembangkan algoritma personalisasi yang lebih canggih dan adaptif, serta meningkatkan transparansi dan kontrol pengguna atas proses personalisasi. Kolaborasi yang erat antara tim IT, tim editorial, pakar media, dan masukan dari pembaca sangat diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut. Dengan demikian, Jpnn.com dapat memberikan pengalaman pembaca yang optimal, sekaligus tetap menjaga integritas jurnalistik dan fungsi media massa sebagai penyedia informasi yang objektif, beragam, dan menyeluruh

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Ernita Arif, , SP, M. Si
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 23 Aug 2024 07:12
Last Modified: 23 Aug 2024 07:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/478748

Actions (login required)

View Item View Item