STRATEGI PROMOSI UPI YPTK PADANG DALAM MENARIK MINAT CALON MAHASISWA BARU

HAWA, INSANI (2024) STRATEGI PROMOSI UPI YPTK PADANG DALAM MENARIK MINAT CALON MAHASISWA BARU. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover dan Abstrak.pdf

Download (643kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (359kB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB 5 PENUTUP.pdf

Download (170kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dunia pendidikan tinggi di Indonesia, terutama di sektor Perguruan Tinggi Swasta (PTS), mengalami perkembangan pesat namun juga tantangan yang signifikan, seperti meningkatnya persaingan dan penurunan jumlah PTS di Sumatera Barat dari 99 pada tahun 2020 menjadi 84 pada tahun 2022. Di tengah persaingan ini, Universitas Putra Indonesia Yayasan Perguruan Tinggi Komputer (UPI YPTK) Padang berhasil menjadi PTS dengan jumlah mahasiswa terbanyak, berkat strategi promosi yang efektif melalui kolaborasi Humas dan RLA Agency. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi promosi yang dilakukan Humas UPI YPTK Padang dan RLA Agency dalam kegiatan kerjasama, dan untuk mengetahui hambatan yang dihadapi oleh Humas UPI YTPK Padang dan RLA Agency dalam pelaksanaan kegiatan promosi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu teori Bauran Promosi oleh Kotler. Hasil yang ditemukan kolaborasi terstruktur antara Humas UPI YPTK Padang dan RLA Agency dalam promosi membuktikan model kerja yang efektif. Pembagian tugas yang jelas memungkinkan Humas menciptakan konten berkualitas, sementara RLA Agency mengelola dan mempublikasikan konten promosi tersebut. Keduanya juga memadukan elemen-elemen bauran promosi Kotler untuk membangun citra positif dan menarik minat calon mahasiswa dengan pendekatan berbasis data dan fokus pada audiens. Hambatan yang ditemukan dalam pelaksanaan promosi UPI YPTK Padang yaitu, kurang update-nya informasi dari fakultas dan prodi dan juga viralnya konten negatif mahasiswa di media sosial. Meskipun demikian, Humas bekerjasama dengan RLA Agency untuk mengatasi hambatan yang ada. UPI YPTK Padang dapat lebih efektif dalam menggunakan Humas dan RLA agensi untuk mencapai tujuan komunikasi dan membangun citra positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ernita Arif, M.Si Diego, M.I.Kom., M.Sos
Uncontrolled Keywords: Strategi Promosi, Humas, Bauran Promosi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 23 Aug 2024 07:07
Last Modified: 23 Aug 2024 07:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/478706

Actions (login required)

View Item View Item