Strategi Pengembangan Usaha Keripik Kentang Bakti Rizky di Kota Padang

Fathinah, Sifa Zahra (2024) Strategi Pengembangan Usaha Keripik Kentang Bakti Rizky di Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
COVER & ABSTRAK_FATHINAH SIFA ZAHRA_2010223004.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I _FATHINAH SIFA ZAHRA_2010223004.pdf - Published Version

Download (332kB)
[img] Text (Bab V Kesimpulan & Saran)
BAB V_FATHINAH SIFA ZAHRA_2010223004.pdf - Published Version

Download (130kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA_FATHINAH SIFA ZAHRA_2010223004.pdf - Published Version

Download (132kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEKS FIX_FATHINAH SIFA ZAHRA_2010223004.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi pengembangan usaha keripik kentang dan merumuskan strategi yang tepat untuk mengembangkan usaha keripik kentang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Analisis kualitatif adalah menggambarkan kondisi dan menjelaskan fakta-fakta yang terjadi pada usaha keripik kentang Bakti Rizky di Kota Padang dan perumusan strategi yang tepat pada usaha keripik kentang Bakti Rizky. Sedangkan analisis kuantitatif dilakukan pada perhitungan IFE, EFE, dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan internal strategis usaha keripik kentang Bakti Rizky di Kota Padang berupa kekuatan dan kelemahan. Pada lingkungan eksternal yaitu peluang dan ancaman. Perumusan strategi yang dihasilkan pada analisis SWOT adalah sebagai berikut: 1) Mempertahankan harga jual yang terjangkau untuk segala kalangan 2) Menjalin kerjasama lebih banyak dengan pemasok bahan baku dan pedagang pengecer 3) Memperluas pemasaran produk dengan memanfaatkan teknologi yang lebih modern 4) Meningkatkan upaya pemasaran dengan memanfaatkan teknologi informasi 5) Berkerjasama dengan dinas terkait pelatihan, promosi, desain kemasan, pameran 6) Meningkatkan kualitas produk melalui pengolahan yang modern 7) Bekerja sama dengan pemasok bahan baku agar tidak mengalami kesulitan ketersediaan bahan baku 8) Meningkatkan kepercayaan konsumen dengan mempertahankan bahan baku yang berkualitas, meskipun terjadi kenaikan harga bahan baku 9) Melakukan inovasi produk berupa kemasan yang menarik dan variasi rasa seperti rasa pedas dan keju sehingga meningkatkan minat beli masyarakat dan membedakan dari pesaing. Hasil analisis QSPM diperoleh nilai TAS 5,96 yang menjadi prioritas strategi pertama yaitu memperluas pemasaran produk dengan memanfaatkan teknologi yang lebih modern.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Devi Analia, S.P,. M.Si
Uncontrolled Keywords: EFE, IFE, Kentang, Keripik, QSPM, Strategi, SWOT
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 22 Aug 2024 03:01
Last Modified: 22 Aug 2024 03:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/477856

Actions (login required)

View Item View Item