Saddam, Muhammad (2024) Perancangan Dinding Secant Pile untuk Penanganan Longsor di Ruas Batas Kota Padang Panjang - Sicincin (STA 64+100). S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (510kB) |
|
Text (Bab I (Pendahuluan))
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version Download (564kB) |
|
Text (Bab V (Kesimpulan))
BAB V (KESIMPULAN).pdf - Published Version Download (222kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (227kB) |
|
Text (Tugas Akhir Utuh)
TUGAS AKHIR UTUH.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Sumatera Barat adalah salah salah satu wilayah dengan curah hujan yang tinggi di Indonesia dan juga merupakan wilayah yang menjadi tempat pertemuan dua lempeng tektonik besar, yaitu lempeng Indo-Australia dan lempeng Eurasia. Geografi Sumatera Barat didominasi oleh kawasan pegunungan Bukit Barisan dan juga memiliki beberapa gunung api yang aktif. Sumatera Barat tak luput dari potensi bencana (hazard potency) yang besar dan menjadi salah satu wilayah dengan curah hujan yang tinggi di Indonesia. Salah satu bencana yang sering terjadi di Sumatera Barat adalah bencana longsor pada beberapa ruas jalan. Salah satunya adalah kelongsoran yang terjadi pada hari Sabtu tanggal 11 Mei 2024 di kawasan Silaiang, Tanah Datar, Sumatera Barat dan sekitarnya yang menyebabkan terputusnya akses jalan nasional. Ruas jalan utama Padang-Bukittinggi via Padang Panjang terputus akibat banjir bandang yang menyebabkan jalan amblas di kawasan Lembah Anai sehingga arus lalu lintas terpaksa dialihkan ke sejumlah jalur alternatif, salah satunya adalah Jalur Malalak dan Jalur Sitinjau Lauik. Berdasarkan hal tersebut, maka perlu segera dilakukan penanganan jalan yang sudah amblas di kawasan Lembah Anai, salah satu solusinya adalah dengan menggunakan konstruksi dinding Secant Pile dan dinding MSE (Mechanically Stabilized Earth). Perancangan dinding Secant Pile dan dinding MSE diperlukan untuk penanganan jalan di kawasan rawan longsor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan kedalaman pemancangan dari secant pile yang aman pada lokasi penelitian. Setelah didapatkan total tinggi dinding secant pile, maka akan dilakukan analisa menggunakan software Plaxis 2D. Pada penelitian ini didapatkan tinggi dari dinding secant pile setinggi 8 meter dan kedalaman pemancangan secant pile didapatkan sebesar 8 meter. Untuk analisa menggunakan software Plaxis 2D didapatkan angka faktor keamanan sebelum adanya beban lalu lintas sebesar 1,542 dan setelah adanya beban lalu lintas sebesar 1,373.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Rina Yuliet, S.T., M.T. |
Uncontrolled Keywords: | Longsor; Faktor Keamanan; Stabilitas; Dimensi; Plaxis 2D |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | s1 Teknik Sipil |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 04:44 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 02:47 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/476629 |
Actions (login required)
View Item |