Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Persepsi Mahasiswi Non Kesehatan Universitas Andalas Tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) Berdasarkan Health Belief Model

Dzikra, Fitria Amita (2019) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Persepsi Mahasiswi Non Kesehatan Universitas Andalas Tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) Berdasarkan Health Belief Model. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover & abstrak.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7 Kesimpulan dan Saran)
Bab 7 Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kanker payudara merupakan penyakit yang paling ditakuti oleh kaum wanita, kurang dari 1 persen kanker payudara terjadipada wanita yang lebih muda dari usia 25 tahun, penderita sering kali tidak menyadari atau merasakan dengan jelas gejala yang muncul akibat adanya kanker payudara. Gejala-gejala tersebut dapat dideteksi secara dini salah satunya pemeriksaan payudara sendiri (SADARI), yang dilakukan pada wanita berusia 18-20 tahun yang dilakukan setiap bulan. Kurangnya kepercayaan mengenai perlunya melakukan SADARI memiliki dampak pada upaya deteksi dini kanker payudara. Persepsi pribadi dipengaruhi oleh berbagai macam faktor yang memengaruhi perilaku kesehatan interpersonal. Model Keyakinan kesehatan (Health Belief Model) digunakan untuk menjelaskan kegagalan partisipasi secara luas dalam program pencegahan atau deteksi penyakit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan kesehatan terhadap persepsi mahasiswi non kesehatan Universitas Andalas tentang SADARI berdasarkan Health Belief Model. Penelitian ini Quasi Eksperimental dengan rancangan One Group Pre-Test And Post-Test Design. Sampel penelitian sebanyak 98 Mahasiswi. Teknik pengambilan sampel dengan Propotional random Sampling. Instrumental pengumpulan data berupa kuesioner untuk mengetahui persepsi berdasarkan Health Belief Model. Data dianalisis dengan Chi Square dan Paired Sampel T-Test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan bermakna antara kelompok pretest dan posttest setelah diberikan penyuluhan. Dari hasil uji statistik Paired sample t –test dapat diketahui (nilai p value 0,000 < 0,05). Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendidikan kesehatan tentang kanker payudara dan SADARI sangat penting dilakukan untuk dapat mendeteksi dini kanker payudara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Leni Merdawati, S.Kep, M.Kep
Uncontrolled Keywords: Pendidikan kesehatan, Persepsi, SADARI, Kanker Payudara, Health Belief Model
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 24 Jul 2019 09:47
Last Modified: 24 Jul 2019 09:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47499

Actions (login required)

View Item View Item