ANALISIS POSTUR KERJA MENGGUNAKAN METODE RAPID ENTIRE BODY ASSESSMENT (REBA) PADA PEKERJA DI AREA PRODUKSI PT P&P LEMBAH KARET KOTA PADANG

Mita, Sari Dewi (2019) ANALISIS POSTUR KERJA MENGGUNAKAN METODE RAPID ENTIRE BODY ASSESSMENT (REBA) PADA PEKERJA DI AREA PRODUKSI PT P&P LEMBAH KARET KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (PENDAHULUAN))
BAB 1.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V (PENUTUP))
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Tugas Akhir Ilmiah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis postur kerja menggunakan metode Rapid Entire Body Assessment (REBA) pada pekerja di area produksi PT P&P Lembah Karet Kota Padang. Metode REBA adalah metode untuk menilai secara cepat postur leher, punggung , lengan atas, lengan bawah, pergelangan tangan dan kaki dari pekerja. Pengambilan data postur pekerja dengan menggunakan bantuan video atau foto pekerja dan pengisian lembaran observasi. Responden terdiri dari 22 orang pekerja area produksi basah dan 25 orang pekerja area produksi kering. Hasil penelitian postur kerja dengan metode REBA di area produksi termasuk dalam kategori level risiko sedang (72,34%) dan level risiko tinggi (27,66%). Skor REBA di area produksi basah pada level risiko sedang sebesar 86,36% dan level risiko tinggi sebesar 13,64%. Skor REBA di area produksi kering pada level risiko sedang sebesar 60,00% dan level risiko tinggi sebesar 40,00%. Skor REBA paling tinggi di area produksi basah yaitu pada proses pengeringan alami dengan skor REBA sebesar 8, sedangkan di area produksi kering skor REBA paling tinggi yaitu pada proses angkat bandela dari lori sebesar 10. Hasil uji analisis statistik hubungan dan pengaruh usia, masa kerja, beban kerja dan area kerja terhadap postur kerja menunjukkan bahwa ada hubungan dan pengaruh signifikan antara beban kerja) terhadap postur kerja pekerja di area produksi (p<0,05. Tindakan perbaikan postur kerja untuk REBA level risiko sedang yaitu menyesuaikan posisi alat atau mesin dengan tinggi tubuh pekerja, sedangkan untuk REBA level risiko tinggi dengan menggunakan alat bantu saat mengangkat bandela. Kata Kunci: area produksi, postur kerja, REBA, tindakan perbaikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: TAUFIQ IHSAN, MT
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 24 Jul 2019 15:08
Last Modified: 24 Jul 2019 15:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47477

Actions (login required)

View Item View Item