PENGEMBANGAN INDIKATOR EVALUASI DIRI UNTUK PELAKSANAAN SISTEM PENDIDIKAN INKLUSI DI UNIVERSITAS ANDALAS

Sri, Rahmah Fitri (2024) PENGEMBANGAN INDIKATOR EVALUASI DIRI UNTUK PELAKSANAAN SISTEM PENDIDIKAN INKLUSI DI UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER ABSTRAK)
Sri Rahmah Fitri -Draft Sidang Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (280kB)
[img] Text (BAB 1)
Sri Rahmah Fitri -Draft Sidang BAB 1.pdf - Published Version

Download (257kB)
[img] Text (BAB 6)
Sri Rahmah Fitri -Draft Sidang BAB akhir.pdf - Published Version

Download (220kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Sri Rahmah Fitri -Draft Sidang Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (229kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Tugas Akhir Ilmiah utuh..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 menetapkan bahwa salah satu tujuan negara adalah meningkatkan pengetahuan masyarakat melalui akses pendidikan. Penelitian ini berakar pada Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2011 yang mengesahkan Konvensi Hak-hak Penyandang Disabilitas (CRPD), sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk mengakui dan melindungi hak-hak penyandang disabilitas. Model pendidikan inklusi telah diadopsi oleh sebagian perguruan tinggi di Indonesia, termasuk Universitas Andalas. Survei pendahuluan melalui wawancara dengan lima mahasiswa disabilitas di Universitas Andalas mengungkapkan kendala seperti kesulitan berkomunikasi di kelas, keterbatasan sumber bacaan di perpustakaan bagi mahasiswa tunanetra, dan fasilitas umum yang belum sesuai. Universitas Andalas belum pernah melakukan penelitian atau memiliki Indikator penilaian kampus inklusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Indikator evaluasi diri sistem pendidikan inklusi di Universitas Andalas guna meningkatkan kualitas sebagai kampus inklusi. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan fokus pada analisis kendala mahasiswa disabilitas, Pengembangan Indikator dan penilaian pelaksanaan kampus inklusi berdasarkan Indikator yang dikembangkan. Indikator yang dikembangkan terdiri dari tujuh aspek yaitu yaitu kelembagaan, Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB), pembelajaran, sosial psikologis, dukungan fisik, lulusan dan metode pembelajaran. Indikator tersebut kemudian digunakan untuk mengevaluasi pelaksanaan sistem pendidikan inklusi di Universitas Andalas. Hasil evaluasi tersebut membantu dalam mengelompokkan fokus utama untuk memperbaiki sistem pendidikan inklusi, mengidentifikasi kekurangan, dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan sistem pendidikan inklusi di Universitas Andalas. Hasil evaluasi menggunakan Indikator menunjukkan bahwa aspek yang memiliki nilai tertinggi yaitu standar kelembagaan, standar dukungan sosial dan standar metode pembelajaran serta terendah yaitu aspek standar dukungan fisik. Selanjutnya, Universitas Andalas mendapatkan skor 483 dalam evaluasi diri pelaksanaan kampus inklusi, yang berarti termasuk dalam kategori Moderately Inclusive. Rekomendasi perbaikan yang disarankan berupa peningkatan pada fasilitas fisik kampus berupa penyediaan ruang makan dan kantin yang mudah diakses, media belajar khusus, laboratorium khusus dan perpustakaan khusus, menyediakan program pelatihan dan bimbingan karier khusus, pelatihan bagi dosen dan staf pengajar tentang metode pembelajaran inklusi, mengembangkan dan memperbarui kebijakan secara berkala, dan perluasan layanan konseling berupa meningkatkan kesadaran tentang pentingnya inklusi di seluruh komunitas akademik. Tujuan akhir adalah menjadikan Universitas Andalas sebagai kampus ramah disabilitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hilma Raimona Zadry, Ph. D
Uncontrolled Keywords: Kampus Inklusi, Mahasiswa Disabilitas, Indikator Evaluasi Diri
Subjects: L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 15 Aug 2024 04:19
Last Modified: 15 Aug 2024 04:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/474509

Actions (login required)

View Item View Item