Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Terhadap Pengetahuan Catin Wanita dalam Persiapan Pra Nikah di Wilayah Kerja KUA Kecamatan Koto Tangah pada Tahun 2019

Dila, Dila Savitri (2019) Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Terhadap Pengetahuan Catin Wanita dalam Persiapan Pra Nikah di Wilayah Kerja KUA Kecamatan Koto Tangah pada Tahun 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I .pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
Penutup.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kehamilan yang sehat memerlukan persiapan fisik dan psikologis pada seorang wanita. Tahap ini merupakan masa yang paling rentan untuk terjadinya berbagai masalah yang akan mempengaruhi kondisi bayi yang akan dilahirkan nantinya. Hal ini dapat terjadi karena wanita kurang memahami pentingnya persiapan diri pada masa pra konsepsi akibat kurangnya pengetahuan yang dimiliki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penyuluhan kesehatan tentang kesehatan reproduksi terhadap pengetahuan catin wanita dalam persiapan pra nikah di wilayah kerja KUA Kecamatan Koto Tangah pada tahun 2019. Jenis penelitian ini adalah Pre Eksperiment dengan desain One Group Pretest-Posttest. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Mei sampai Juni 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh catin wanita yang akan menikah di KUA tersebut. Jumlah sampel penelitian ini adalah sebanyak 40 subjek. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Pengolahan data dilakukan dengan uji Paired Sample T-Test (p<0,05) menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata skor pengetahuan catin wanita sebelum diberikan penyuluhan kesehatan reproduksi yaitu 71,95 dan setelah diberikan penyuluhan kesehatan reproduksi skor menjadi 81,05. Hasil analisis Paired Samples T-Test didapatkan nilai p value (p=0,001). Tedapat pengaruh pemberian penyuluhan kesehatan reproduksi terhadap pengetahuan catin wanita. Terdapat pengaruh penyuluhan kesehatan reproduksi terhadap pengetahuan catin wanita dalam persiapan pra nikah di wilayah kerja KUA Kecamatan Koto Tangah. Diharapkan dengan penelitian ini, pemerintah setempat dapat melakukan kerjasama dengan pihak terkait untuk membuat program khusus di KUA mengenai persiapan kehamilan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Firdawati, M.Kes, PhD
Uncontrolled Keywords: KUA, penyuluhan kesehatan reproduksi, kehamilan, pra nikah
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 23 Jul 2019 11:54
Last Modified: 23 Jul 2019 11:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47341

Actions (login required)

View Item View Item