Model Kausalitas untuk Memprediksi Tingkat Keparahan Luka Akibat Kecelakaan Lalu Lintas Pengendara Sepeda Motor di Bawah Umur

Yhuana, Agustin Putri Irawan (2019) Model Kausalitas untuk Memprediksi Tingkat Keparahan Luka Akibat Kecelakaan Lalu Lintas Pengendara Sepeda Motor di Bawah Umur. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1 Cover and Abstrak.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2 Bab 1.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
3 Bab 5.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
TA FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Kecelakaan lalu lintas adalah masalah multidimensi yang membutuhkan pengkajian kompleks ketika menentukan faktor-faktor dan penyelesaiannya. Di Indonesia sering ditemukan kecelakaan oleh pengendara sepeda motor yang masih di bawah umur, dan tidak sedikit dari mereka adalah pelaku utama kecelakaan. Mengidentifikasi penyebab kecelakaan adalah penting, guna mereduksi akibat yang ditimbulkan oleh kecelakaan. Kecelakaan lalu lintas disebabkan oleh faktor manusia, kendaraan dan lingkungan. Pada penjabarannya faktor lingkungan dibagi menjadi 2, yaitu lingkungan fisik dan lingkungan sosial. Matriks hubungan dapat dibuat dari interaksi antara manusia, kendaraan, lingkungan fisik dan sosial pada kurun waktu tertentu terhadap kecelakaan. Pembagian kejadian kecelakaan lalu lintas dibedakan menjadi tiga fase, yaitu sebelum kecelakaan (pre-crash), saat kecelakaan (crash), dan setelah kecelakaan (post-crash). Implementasi penyebab kecelakaan terhadap akibat kecelakaan yang ditimbulkan dapat dimodelkan dalam sebuah model kausalitas. Model ini adalah model sebab akibat yang berguna untuk memprediksi tingkat keparahan luka akibat kecelakaan khususnya oleh pengendara sepeda motor di bawah umur. Proses analisis dimulai dengan pengumpulan data yang terkait dengan model kausalitas antara tingkat keparahan luka kecelakaan dan faktor penyebab kecelakaan, meliputi : karakteristik umum, faktor manusia, faktor lingkungan, dan faktor kendaraan. Dari data yang diperoleh, dilakukan peramalan model matematis dengan metode Regresi Linear Berganda dimana variabel terikat berupa tingkat keparahan luka akibat kecelakaan dan variabel bebas berupa faktor manusia, faktor lingkungan, dan faktor kendaraan. Dari kombinasi hubungan variabel - variabel dipilih model terbaik yang bisa mewakili model kausalitas dalam memprediksi tingkat keparahan luka akibat kecelakaan lalu lintas oleh pengendara sepeda motor di bawah umur. Kata kunci : Faktor Penyebab Kecelakaan, Tingkat Keparahan Luka, Model Kausalitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: PURNAWAN, Ph.D
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 22 Jul 2019 14:15
Last Modified: 22 Jul 2019 14:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47191

Actions (login required)

View Item View Item