Efektivitas Penggunaan Online Single Submission (OSS) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Padang

Putra, Harris Rachmad (2024) Efektivitas Penggunaan Online Single Submission (OSS) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Padang. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (266kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (596kB)
[img] Text (BAB VI Penutup)
BAB VI Penutup.pdf - Published Version

Download (246kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (446kB)
[img] Text (Full Text Skripsi)
Full Text Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Sistem OSS di Kota Padang telah hadir sejak Tahun 2018 yang diciptakan sebagai bentuk inovasi kebijakan di daerah dengan tujuan untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat. OSS merupakan aplikasi berbasis digital yang digunakan sebagai sarana menerbitkan dokumen perizinan kegiatan usaha. Permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan OSS ini karena adanya keterbatasan baik dari aplikasi, penyelenggara pelayanan dan masyarakat dalam menggunakan OSS sebagai aplikasi pelayanan perizinan. Tujuan penelitian adalah menganalisis efektivitas penggunaan Online Single Submission (OSS) pada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Padang. Teori yang digunakan untuk membahas penelitian ini adalah Teori Efektivitas Sondang P. Siagian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari temuan penelitian menunjukkan bahwa sistem OSS di Kota Padang belum berjalan dengan baik. Dikarenakan masih ada beberapa hambatan yang meliputi: minimnya kemampuan masyarakat dalam menggunakan teknologi, kurangnya sosialisasi kepada masyarakat terkait penggunaan aplikasi OSS, kurangnya informasi terkait pembaharuan penggunaan aplikasi OSS, dan tindakan yang kurang tanggap saat aplikasi OSS mengalami kendala. Adapun upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yaitu mendampingi masyarakat saat menggunakan aplikasi OSS di kantor, melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui kerjasama dengan instansi lain, melakukan komunikasi dengan pihak pusat jika terjadi kendala pada aplikasi OSS.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: (Alm) Drs. Syaiful, M.Si Dewi Anggraini, S.IP, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik; Online Single Submission; Kota Padang
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 01 Aug 2024 08:33
Last Modified: 24 Oct 2024 03:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/471714

Actions (login required)

View Item View Item