Hubungan mindfull parenting dengan parenting stress pada ibu yang memiliki anak dengan retardasi mental di SLB-C SE-Kota Padang

Cici, Novelia Manurung (2019) Hubungan mindfull parenting dengan parenting stress pada ibu yang memiliki anak dengan retardasi mental di SLB-C SE-Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
Bab VII.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Pengasuhan dengan retardasi mental bukanlah hal yang mudah, ibu yang sering marah, timbulnya sikap isolasi sosial serta kekhawatiran akan masa depan anak yang dapat mengganggu proses pengasuhan pada anak, ibu perlu memiliki strategi coping stress yang berasal dari dalam, dengan membentuk penataan emosi yang lebih efektif yang disebut mindfullness. Dalam pengasuhan mindfullness disebut dengan mindfull parenting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan strategi koping:mindfull parenting dengan stres pengasuhan pada ibu yang memiliki anak dengan retardasi mental di SLB-C se-kota Padang. Metode penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan pendekatan cross sectional study. Sampel pada penelitian ini adalah ibu yang memiliki anak retardasi mental sebanyak 165 orang yang diperoleh dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini dilakukan di SLB-C se-kota Padang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner Interpersonal Mindfullness in Parenting (IM-P) yang dikembangkan oleh McCaffery dan dimodifikasi oleh Mubarok dan Parenting Stress Scale yang dikembangkan oleh Berry & Jones . Lebih dari sebagian ibu (52,7%) memiliki mindfull parenting yang tinggi ,dan lebih dari sebagian ibu (51,5%) dengan stres pengasuhan rendah. Hasil penelitian lebih lanjut didapatka adanya hubungan strategi koping: mindfull parenting dengan stres pengasuhan pada ibu yang memiliki anak dengan retardasi mental p value= 0,017. Diharapkan pelayanan kesehatan dapat memberikan pelatihan atau pendidikan melalui pendidikan guna meningkatkan strategi koping: mindfull parenting dengan dimensi pengaturan emosi bagi ibu-ibu dengan pengasuhan anak retradasi mental.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Hermalinda, M.Kep, Sp.Kep An
Uncontrolled Keywords: Mindfull parenting, Parenting Stress, Strategi Koping
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 22 Jul 2019 10:05
Last Modified: 22 Jul 2019 10:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/47127

Actions (login required)

View Item View Item