Pengaruh Self-Regulated Learning Terhadap Stres Akademik Pada Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Universitas Andalas

Serena, Tri Amelia (2024) Pengaruh Self-Regulated Learning Terhadap Stres Akademik Pada Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER & Abstrack.pdf - Published Version

Download (338kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (267kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (223kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (252kB)
[img] Text
2010323029_Serena Tri Amelia_E-Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 26 July 2025.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Stres akademik adalah suatu tekanan yang timbul dari keinginan untuk tampil serta memberikan hasil yang terbaik. Stres akademik dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya self-regulated learning. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh self-regulated learning terhadap stres akademik pada mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Populasi penelitian adalah mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dengan jumlah sampel 229 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan adaptasi alat ukur Student Academic Stress Scale (SASS) dan adopsi alat ukur self-regulated learning. Reabilitas pada skala stres akademik sebesar .957 dan pada skala self-regulated learning sebesar .913. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa self-regulated learning berpengaruh terhadap stres akademik. Hal ini terlihat dari nilai signifikansi sebesar .000 (p<0,5) dan nilai R Square sebesar .321. Artinya, self- regulated learning mempengaruhi stres akademik pada mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Universitas Andalas sebesar 32,1%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yantri Maputra, M.Ed., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Stres Akademik, Self-Regulated Learning, Mahasiswa Baru, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: S1 Psikologi Psikologi
Date Deposited: 26 Jul 2024 04:34
Last Modified: 26 Jul 2024 04:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/471067

Actions (login required)

View Item View Item