STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA ROTI RATULANGI BAKERY DI KOTA PADANG

Iin, Anggraini (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA ROTI RATULANGI BAKERY DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
Abstrak .pdf - Published Version

Download (437kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (428kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (216kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (119kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Fulltext IIN ANGGRAINI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini yaitu persaingan yang meningkat, fluktuasi harga bahan baku, pemasaran yang masih sempit, manajemen usaha masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi pengembangan usaha roti dan merumuskan strategi yang tepat untuk mengembangkan usaha roti. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Alat analisis data yang digunakan yaitu Internal Factor Evaluation (IFE), External Factor Evaluation (EFE), Internal-External (IE) dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan internal strategis pada usaha roti Ratulangi Bakery di Kota Padang berupa kekuatan dan kelemahan. Pada lingkungan eksternal yaitu peluang dan ancaman. Perumusan strategi yang dihasilkan adalah sebagai berikut: (1) Mengupayakan untuk menjaga kualitas produk roti dan meningkatkan promosi untuk menarik konsumen, (2) Melakukan perbaikan pada lingkungan internal seperti aspek manajemen, keuangan dan pemasaran dengan memanfaatkan teknologi dan informasi, (3) Mengupayakan untuk memiliki stok bahan baku dalam jumlah banyak ketika mendapatkan harga rendah, (4) Membuat inovasi pada produk berupa variasi bentuk roti seperti roti kepang untuk meningktakan daya saing. Hasil analisis QSPM diperoleh nilai STAS 6,21 artinya strategi ini merupakan strategi prioritas utama yang dapat diimplementasikan pada usaha roti Ratulangi Bakery. Strategi tersebut yaitu mengupayakan untuk menjaga kualitas produk roti dan meningkatkan promosi untuk menarik konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof.Dr.Ir.Melinda Noer, M.Sc
Uncontrolled Keywords: EFE, IFE, QSPM, Strategi Pengembangan, Usaha Roti
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 22 Jul 2024 07:19
Last Modified: 22 Jul 2024 07:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/470967

Actions (login required)

View Item View Item