Perbandingan Efektivitas Pendidikan Kesehatan Gigi dan Mulut Melalui Media Aplikasi Whatsapp Dengan Media Alat Peraga Terhadap Perubahan Perilaku Siswa SMAN 3 Padang

Nadhim, Sechillia Arman (2019) Perbandingan Efektivitas Pendidikan Kesehatan Gigi dan Mulut Melalui Media Aplikasi Whatsapp Dengan Media Alat Peraga Terhadap Perubahan Perilaku Siswa SMAN 3 Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1 COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
2 BAB 1.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7 Penutup)
3 BAB 7.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
5 SKRIPSI FULL +WATERMARK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Latar Belakang : Pendidikan kesehatan gigi dan mulut dapat dilakukan dengan menggunakan media aplikasi Whatsapp dan media alat peraga. Whatsapp adalah aplikasi obrolan gratis yang banyak digunakan untuk melakukan pengiriman pesan secara sederhana. Alat peraga adalah salah satu media pembelajaran yang biasa digunakan dalam kegiatan pendidikan kesehatan gigi dan mulut. Tujuan : Mengetahui perbandingan efektivitas pendidikan kesehatan gigi dan mulut melalui media aplikasi Whatsapp dengan media alat peraga terhadap perubahan perilaku siswa di SMAN 3 Padang. Metode penelitian : Penelitian ini menggunakan metode quasy experimental dengan desain penelitian adalah pretest posttest design. Sampel penelitian dibagi menjadi kelompok dengan perlakuan melalui media aplikasi Whatsapp dan kelompok dengan perlakuan melalui media alat peraga. Dilakukan uji Wilcoxon untuk membandingkan pretest dan posttest masing-masing kelompok dan uji Mann Whitney untuk membandingkan efektivitas pada kelompok Whatsapp dan kelompok alat peraga Hasil : Terdapat peningkatan perubahan pengetahuan, sikap, tindakan dan perilaku pada kelompok Whatsapp dan kelompok alat peraga secara signifikan setelah mendapatkan perlakuan (p<0.05). Terdapat perbedaan efektivitas antara media Whatsapp dan media alat peraga dalam meningkatkan perubahan pengetahuan, tindakan dan perilaku (p<0.05), tetapi tidak terdapat perbedaan efektivitas antara media Whatsapp dan media alat peraga dalam meningkatkan perubahan sikap (p>0.05). Kesimpulan :Terdapat perbedaan efektivitas pendidikan kesehatan gigi dan mulut melalui media aplikasi Whatsapp dengan media alat peraga terhadap perubahan perilaku siswa SMAN 3 Padang Kata kunci : Alat peraga, Pendidikan kesehatan gigi dan mulut, Perubahan perilaku, Whatsapp

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: drg. Lendrawati, MDSc
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 22 Jul 2019 14:25
Last Modified: 22 Jul 2019 14:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/46905

Actions (login required)

View Item View Item