Pengaruh Pendidikan Kesehatan melalui Media Permainan Ular Tangga terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Anak Cuci Tangan Pakai Sabun

Tiara, Angraini (2019) Pengaruh Pendidikan Kesehatan melalui Media Permainan Ular Tangga terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Anak Cuci Tangan Pakai Sabun. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab VII)
BAB VII.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan salah satu cara masyarakat untuk dapat menjaga kualitas kesehatannya. Dalam PHBS terdapat beberapa indikator yang dijadikan acuan dalam pelaksanaan PHBS salah satunya adalah cuci tangan pakai sabun (CTPS). Perilaku CTPS yang baik dapat mencegah kejadian diare dan ISPA yang rentan dialami oleh anak-anak. Sehingga penting untuk mengajarkan anak sejak dini mengenai CTPS yang baik dan benar. Namun pembelajaran mengenai kesehatan di sekolah sering menggunakan metode dan media yang tidak tepat untuk anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari media permainan ular tangga terhadap pengetahuan dan keterampilan cuci tangan pakai sabun pada anak SD. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan pendekatan one group pretest-postest tanpa kelompok kontrol. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 16 orang dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diolah dan analisis dengan uji paired t-test. Hasil penelitian didapatkan bahwa rata-rata pengetahuan dan keterampilan anak sebelum diberikan pendidikan kesehatan adalah 11.31 dan setelah diberikan pendidikan kesehatan adalah 19.25. Dari hasil penelitian ada pengaruh pemberian pendidikan kesehatan melalui permainan ular tangga terhadap pengetahuan dan keterampilan cuci tangan pakai sabun pada anak, p value = 0,000 (p<0,05). Diharapkan dengan penelitian ini bagi dinas kesehatan dan dinas pendidikan untuk dapat mengembangkan program pendidikan kesehatan yang tepat bagi anak. Bagi sekolah untuk dapat mengajarkan CTPS pada anak dengan media yang tepat Kata Kunci : pendidikan kesehatan, permainan ular tangga, cuci tangan pakai sabun, anak. Daftar Pustaka : 43 (2002-2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Yonrizal Nurdin, S.Kep, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: pendidikan kesehatan, permainan ular tangga, cuci tangan pakai sabun, anak
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 19 Jul 2019 10:11
Last Modified: 19 Jul 2019 10:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/46822

Actions (login required)

View Item View Item