STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS USAHA ROTI HUSNA

Tiffany, Alandari (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS USAHA ROTI HUSNA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (401kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (379kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text (Full TA)
Full TA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Perekonomian merupakan permasalahan yang menjadi prioritas pemerintah Indonesia dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Sektor industri menjadi objek pembangunan perekonomian yang sangat penting. Industri pengolahan merupakan lapangan usaha yang memberikan konstribusi tertinggi ketiga pada Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Padang pada tahun 2022 sebesar 12,3% dengan nilai Rp 5.724,39 miliar. Salah satu sektor dari industri pengolahan yaitu industri makanan jadi roti. Roti merupakan salah satu produk industri makanan jadi dengan rata- rata tingkat konsumsi tertinggi ketiga di sektor industri olahan makanan jadi Kota Padang pada tahun 2022. Hal ini menunjukan bahwa industri pengolahan sektor makanan roti merupakan peluang usaha yang menjanjikan. Salah satu Industri Kecil Menengah (IKM) roti lokal di Kota Padang yaitu Usaha Roti Husna. Dalam menjalankan bisnisnya, Usaha Roti Husna memiliki beberapa permasalahan diantaranya persaingan dengan produsen produk sejenis, penjualan yang menurun dalam beberapa bulan terakhir, dan lokasi usaha yang jauh dari pusat kota. Hal tersebut memberikan dampak yang menganggu jalannya proses bisnis. Usaha Roti Husna harus menentukan suatu perencanaan strategi untuk menghadapi permasalahan- permasalahan yang terjadi sehingga dapat menjadi keunggulan bagi perusahaan agar dapat bersaing dalam lingkungan bisnis yang semakin kompetitif. Penelitian ini mengkaji bagaimana merancang strategi pengembangan bisnis yang tepat agar Usaha Roti Husna dapat bertahan dan mengembangkan bisnisnya. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan strategi yang tepat untuk pengembangan bisnis Usaha Roti Husna. Tahapan penelitian yang dilakukan yaitu menggambarkan kondisi bisnis Usaha Roti Husna saat ini menggunakan BMC. Selanjutnya, mengevaluasi bisnis saat ini dengan melakukan analisis lingkungan melalui kuesioner SWOT dan rancang strategi pengembangan bisnis yang tepat. Perancangan strategi yang dilakukan terdiri dari tahap input (matriks IFE dan matriks EFE), tahap pencocokan (matriks SWOT dan matriks IE) dan tahap keputusan (kuesioner QSPM). Hasil matriks IE menunjukkan posisi Usaha Roti Husna pada sel II yaitu tumbuh dan membangun. Alternatif strategi yang didapatkan berdasarkan hasil matriks IE dan matriks SWOT yaitu strategi intensif, integrasi, dan diversifikasi. Berdasarkan hasil QSPM maka strategi intensif yang ditambahkan ke strategi pengembangan bisnis Usaha Roti Husna dengan total skorodaya tarik tertinggi sebesar 8,047. Tahapan terakhir dari penelitian ini yaitu penggambaran strategi pengembangan bisnis ke dalam Business Model Canvas usulan dengan menambahkan beberapa aspek pada elemen value proposition, customer relationship, cost structure, key resource, channels, dan key activities.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Alizar Hasan, MSIE., M.Eng.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 28 May 2024 08:48
Last Modified: 28 May 2024 08:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/467765

Actions (login required)

View Item View Item