Ferdian, Rahmat Hayafi (2021) PERSEPSI TUTOR MAHASISWA TERHADAP EFEKTIVITAS PEER ASSISTED LEARNING DALAM PRAKTIKUM ANATOMI DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS: STUDI KUALITATIF. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (BAB 1)
2 BAB 1_Ferdian Rahmat hayafi.pdf - Published Version Download (762kB) |
|
Text
4 Daftar Pustaka_Ferdian Rahmat Hayafi.pdf Download (884kB) |
|
Text
3 BAB 6_Ferdian Rahmat Hayafi.pdf Download (570kB) |
|
Text
1 Cover dan Abstrak_Ferdian Rahmat Hayafi_watermark.pdf Download (605kB) |
|
Text
5 Skripsi Utuh_Ferdian Rahmat Hayafi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Ilmu anatomi merupakan salah satu pembelajaran yang dianggap sulit oleh mahasiswa kedokteran, karena itu dibutuhkan suatu metode pembelajaran yang dapat membantu mahasiswa dalam memahami materi anatomi. Metode Peer Assisted Learning (PAL) menjadi salah satu metode yang sering diterapkan kedalam pembelajaran anatomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi tutor mahasiswa terhadap efektivitas PAL dalam praktikum anatomi di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, peserta penelitian merupakan mahasiswa angkatan 2017 dan 2018 program studi pendidikan dokter yang menjadi tutor dalam pembelajaran PAL. Sampel pada penelitian ini berjumlah sepuluh orang yang ditentukan dari proses saturasi data selama wawancara. Pengumpulan data menggunakan wawancara semi-terstruktur yang dilakukan dari bulan September-November 2021 di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Uji analisis data menggunakan metode Milles dan Huberman. Hasil wawancara kepada sepuluh orang tutor, menggambarkan manfaat metode PAL meliputi: Membuat pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan, memperluas pengetahuan dan pemahaman, meningkatkan motivasi belajar, meningkatkan kemampuan komunikasi, mengajar serta presentasi, meningkatkan kemampuan visual-spasial, meningkatkan kepercayaan diri, melatih rasa tanggung jawab, memberikan ketenangan jiwa, meningkatkan relasi sosial, serta melatih kemampuan kerjasama. Penelitian juga menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi keefektivitan metode PAL meliputi: Kurangnya antusiasme para tutee, kurangnya tingkat kepercayaan diri dan persiapan materi para tutor, kurangnya jumlah tutor yang hadir selama kegiatan praktikum, serta peran dosen dalam menyusun target pembelajaran, mengawasi pelaksanaan metode PAL, memberikan umpan balik kepada tutor dan tutee. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat manfaat dari penerapan PAL dan faktor-faktor yang empengaruhi keefektifan metode ini. Kata kunci: Penelitian Kualitatif, Pendidikan Kedokteran, Pendidikan Anatomi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | dr. Nur Afrainin Syah, M.Med.Ed, Ph.D, Sp.DLP |
Uncontrolled Keywords: | Penelitian Kualitatif, Pendidikan Kedokteran, Pendidikan Anatomi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RZ Other systems of medicine |
Divisions: | Fakultas Kedokteran |
Depositing User: | S1 Pendidikan Kedokteran |
Date Deposited: | 22 May 2024 07:29 |
Last Modified: | 22 May 2024 07:29 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/467171 |
Actions (login required)
View Item |