Gambaran Gaya Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter FK Unand Angkatan 2020-2023

Thahirah, Hanintha Prita (2024) Gambaran Gaya Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter FK Unand Angkatan 2020-2023. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (353kB)
[img] Text (Bab 1)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (478kB)
[img] Text (Bab 6 Penutup)
Bab 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (173kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (328kB)
[img] Text
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Metode pembelajaran di perguruan tinggi telah bergeser dari TCL (Teacher-Centered Learning) menjadi SCL (Student-Centered Learning). Metode SCL diperlukan agar dapat menyesuaikan dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Metode pembelajaran di perguruan tinggi sangat memengaruhi gaya belajar mahasiswa. Pembelajaran akan berjalan secara efektif apabila mahasiswa dapat memahami gaya belajarnya masing-masing dan institusi dapat menyesuaikan fasilitas pembelajaran dengan gaya belajar terbanyak mahasiswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran gaya belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter di FK Unand Angkatan 2020-2023. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang melibatkan subjek penelitian sebanyak 320 orang dan dilaksanakan di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportionate stratified random sampling yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Instrumen penelitian ini merupakan kuesioner gaya belajar yang dibagikan kepada seluruh responden di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter FK Angkatan 2020 sebanyak 60% responden memiliki gaya belajar visual dan bersifat unimodal (88,75%), Angkatan 2021 sebanyak 61,25% responden memiliki gaya belajar visual dan bersifat unimodal (92,5%), Angkatan 2022 sebanyak 60% responden memiliki gaya belajar visual dan bersifat unimodal (95%), dan Angkatan 2023 sebanyak 57,5% responden memiliki gaya belajar visual dan bersifat unimodal (91,25%). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa gaya belajar yang dimiliki oleh sebagian besar mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter FK Unand Angkatan 2020-2023 adalah visual dan bersifat unimodal.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: dr. Aswiyanti Asri, M.Si, Med, Sp.PA.,Subsp.O.G.P(K) dr. Rauza Sukma Rita, Ph.D
Uncontrolled Keywords: TCL; SCL; PBL; gaya belajar; fakultas kedokteran
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > S1 Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 13 May 2024 03:02
Last Modified: 28 Oct 2024 04:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/466406

Actions (login required)

View Item View Item