FAKTOR-FAKTOR PENDORONG KONSUMSI MUSIK GENRE METAL PADA GENERASI MILLENNIAL DI KOTA JAMBI BERDASARKAN HEAVINESS: SUATU ANALISA TEMATIK

RIYANDI AMINUL RASYID, RIYANDI (2024) FAKTOR-FAKTOR PENDORONG KONSUMSI MUSIK GENRE METAL PADA GENERASI MILLENNIAL DI KOTA JAMBI BERDASARKAN HEAVINESS: SUATU ANALISA TEMATIK. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (261kB)
[img] Text (Bab i (pendahuluan))
Bab I (pendahuluan).pdf - Published Version

Download (716kB)
[img] Text (Bab akhir (penutup dan kesimpulan))
Bab akhir (penutup dan kesimpulan).pdf - Published Version

Download (149kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (372kB)
[img] Text (Full text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

FAKTOR-FAKTOR PENDORONG KONSUMSI MUSIK GENRE METAL PADA GENERASI MILLENNIAL DI KOTA JAMBI BERDASARKAN HEAVINESS: SUATU ANALISA TEMATIK Tesis oleh Riyandi Aminul Rasyid Pembimbing 1: Dr. Dessy Kurnia Sari, SE, M.Bus (Adv) Pembimbing 2: Prof. Dr. Donard Games, SE, M.Bus (Adv) ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pendorong konsumsi musik genre metal pada generasi Millennial di kota Jambi berdasarkan heaviness: suatu analisa tematik. Mengetahui apa saja yang membuat genereasi Millinnial di kota Jambi mengkonsumsi musik genre metal, prefrensi atau subgenre yang menjadi pilihan dan tingkat emosional dalam musik genre metal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sampel dalam penelitian ini adalah pendengar musik metal pada generasi Millennial di kota Jambi. Peneliti melakukan wawancara semi terstruktur kepada 20 orang generasi Millennial yang mengetahui dan menyukai musik genre metal dengan menggunakan teknik snowball sampling. Pengolahan data penelitian dilakukan dengan menggunakan metode analisis tematik dengan teknik analisis suatu makna berdasarkan tema-tema yang berhubungan dan menonjol dengan kategori-kategori dalam tujuan penelitian. Hasil penelitian menemukan faktor-faktor pendorong konsumsi musik pada generasi millennial di kota Jambi dimulai dari pengenalan musik metal, musik metal sebagai sarana ekspresi, musik metal antara partisipasi event, band dan komunitas, eksplorasi dalam subgenre musik metal, ketertarikan artistik dan ekspresi emosional dalam musik genre metal. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka implikasi dalam penelitian ini dapat menjadi acuan atau membantu merancang untuk komunitas-komunitas atau pihak-pihak yang ingin menyenggelarakan event musik metal mencakup berbagai subgenre yang diminati dengan menyesuaikan lineup band-band yang akan tampil sehingga menjadi daya tarik acara dan menarik audiens dari berbagai macam preferensi musik metal. Kata Kunci: Konsumsi Musik, Genre Metal, Generasi Millennial, Heaviness DRIVING FACTORS THE CONSUMPTION OF METAL MUSIC GENRE AMONG THE MILLENNIAL GENERATION IN JAMBI CITY BASED ON HEAVINESS: A THEMATIC ANALYSIS Tesis by Riyandi Aminul Rasyid Advisor 1: Dr. Dessy Kurnia Sari, SE, M.Bus (Adv) Advisor 2: Prof. Dr. Donard Games, SE, M.Bus (Adv) ABSTRACT This research aims to identify driving factors the consumption of metal music genre among the Millennial generation in Jambi city based on heaviness: a thematic analysis. It seeks to understand what motivates the Millennial generation in Jambi to consume metal music, their preferences or subgenres of choice and emotional engagement with metal music. The research employs a qualitative method and the sample consists of metal music listeners from the Millennial generation in Jambi. The researcher conducted semi-structured interviews with 20 individuals Millennial Generation who are knowledgeable about and fond of metal music, using snowball sampling technique. Data processing was carried out using thematic analysis method, focusing on extracting meanings based on related and prominent themes with categories aligned with the research objectives. Findings of the research reveal the driving factors behind music consumption among the millennial generation in Jambi, starting from the introduction to metal music, metal music as a means of expression, participation in metal events, bands, and communities, exploration of metal music subgenres, artistic interest and emotional expression with metal music genre. Based on the research results, the implications suggest that this information can serve as a reference or assistance in designing events for communities or organizations interested in organizing metal music events, covering various subgenres to attract a diverse audience by adjusting the lineup of bands accordingly. This approach aims to make the event appealing and draw audiences with different metal music preferences. Keywords: Music Consumption, Metal Genre, Millennial Generation, Heaviness

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: 1. Dr. Dessy Kurnia Sari, SE, M.Bus 2. Prof. Dr. Donard Games, SE, M.Bus
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Konsumsi Musik, Genre Metal, Generasi Millennial, Heaviness
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: Unand Magister Manajemen
Date Deposited: 06 May 2024 01:12
Last Modified: 06 May 2024 01:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/466028

Actions (login required)

View Item View Item