EFEKTIVITAS KOMBINASI BEKAM KERING DAN AKUPRESUR TERHADAP TEKANAN DARAH PADA LANSIA HIPERTENSI DI RUMAH SEHAT RAIHAN KEC.MARTAPURA OKU TIMUR

MAYA, YUNIARTI (2024) EFEKTIVITAS KOMBINASI BEKAM KERING DAN AKUPRESUR TERHADAP TEKANAN DARAH PADA LANSIA HIPERTENSI DI RUMAH SEHAT RAIHAN KEC.MARTAPURA OKU TIMUR. Masters thesis, UNIVERISITAS ANDALAS.

[img] Text (cover dan abstrak)
cover Tesis Maya yuniarti NIM 21213120138 .pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text (bab i)
BAB I (1).pdf - Published Version

Download (93kB)
[img] Text (bab vii)
BAB VII PENUTUP.pdf - Published Version

Download (28kB)
[img] Text (dapus)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Text (tesis fulltext)
TESIS MAYA YUNIARTI OK banget.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS Nama : MAYA YUNIARTI NIM : 2121312038 Efektivitas Kombinasi Bekam Kering dan Akupresur Terhadap Tekanan Darah pada Lansia Hipertensi di Rumah Sehat Raihan Kec. Martapura OKU Timur CCXXXVI + 103 Halaman + 10 Tabel + 5 Lampiran + 2 Skema ABSTRAK Gangguan kesehatan banyak dialami lansia adalah gangguan sistem kardiovaskuler adalah penurunan elastisitas dinding aorta, katup jantung menebal dan menjadi kaku, serta penurunan kemampuan jantung untuk memompa darah. Kejadian hipertensi makin meningkat pada lansia. Pengobatan non farmakologi yang dapat menangani hipertensi yaitu terapi komplementer terapi bekam kering dan akupresur. Tujuan penelitian untuk mengetahui sejauh mana efektivitas terapi bekam kering dan akupresur terhadap tekanan darah pada lansia dengan hipertensi. Jenis penelitian adalah Quasi Experiment dengan rancangan pre posttest with control group desain. Populasi penelitian yaitu lansia hipertensi di Rumah Sehat Raihan Kec Martapura pada bulan juni tahun 2023. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah quota sampling jumlah 30 responden, 15 kelompok intervensi dan 15 kelompok kontrol. Analisis data menggunakan analisis univariat untuk melihat distribusi frekuensi karakteristik responden dan bivariat dilakukan untuk melihat selisih rerata nilai tekanan darah pre-post test pada masing – masing kelompok, karena data yang didapatkan berdistribusi tidak normal maka digunakan uji non parametrik uji wilcoxon dan untuk mengetahui adanya perbedaan tekanan darah pre post test antar kelompok dilakukan uji Man-withney. Hasil penelitian diketahui perbedaan yang signifikan pada tekanan darah sistol dan diastole kelompok intervensi dan kelompok kontrol pre dan post intervensi. kombinasi terapi bekam kering dan akupresur terhadap tekanan darah sistol p value (0,000) < (0,05) dan diastol p value (0,000) < (0,05). Kesimpulan bahwa kombinasi terapi bekam kering dan akupresur merupakan salah satu terapi non farmakologi yang efektif terhadap penurunan tekanan darah pada lansia hipertensi.Saran pada pelayanan kesehatan dapat memaksimalkan layanan keperawatan komunitas terutama tentang penatalaksanaan hiertensi khususnya pada lansia. Daftar Pustaka : 57 (2017 -2023) Kata Kunci : Terapi Bekam kering, Akupresur, Hipertensi, Tekanan darah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 04 Mar 2024 15:52
Last Modified: 04 Mar 2024 15:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465655

Actions (login required)

View Item View Item