HUBUNGAN PERAN PEER GROUP DENGAN PERILAKU BULLYING PADA REMAJA DI SMP NEGERI 13 PADANG TAHUN 2023

Azzura, Risnairaj (2024) HUBUNGAN PERAN PEER GROUP DENGAN PERILAKU BULLYING PADA REMAJA DI SMP NEGERI 13 PADANG TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover atau abstrak)
Cover.pdf - Published Version

Download (976kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (274kB)
[img] Text (Penutup)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (115kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (270kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL_AZZURA RISNAIRAJ_1811313014.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Indonesia berada pada posisi kelima sebagai kasus bullying terbanyak di dunia. Bullying merupakan perilaku menyimpang yang sering terjadi dikalangan remaja yang berdampak negatif pada psikologis korban ataupun pelaku. Bullying pada remaja disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya yaitu peran peer group. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan peran peer group dengan perilaku bullying (korban dan pelaku) pada remaja di SMP Negeri 13 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini sebanyak 161 siswa SMP kelas VII dan VIII yang diambil menggunakan teknik porpotional simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Inventory of Parent and Peer Attachment (IPPA) untuk mengukur peran peer group dan Owelus Bullyng Victim Questionnaire (OBVQ) untuk mengukur perilaku bullying. Hasil penelitian menunjukkan rerata peran peer group 82, rerata perilaku bullying sebagai korban 29 dan sebagai pelaku 31. Uji yang digunakan untuk melihat hubungan antar variabel adalah Spearman. Hasil penelitian didapatkan ada hubungan signifikan (p<0,000 kecil dari 0,05) dengan arah korelasi negatif antara peran peer group dengan perilaku bullying (korban r = -0,418 dan pelaku r = -0,286) dengan kekuatan korelasi cukup. Diharapkan perawat dapat memberikan edukasi dan konseling melalui terapi kelompok untuk meningkatkan tugas perkembangan remaja dan kelekatan antar peer group sehingga mengurangi bullying.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Dewi Eka Putri, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.J
Uncontrolled Keywords: Perilaku Bullying, Peran Peer group, Remaja
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 04 Mar 2024 08:20
Last Modified: 04 Mar 2024 08:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465582

Actions (login required)

View Item View Item