EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI ELSIMIL DAN VIDEO YOUTUBE TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP CALON PENGANTIN TENTANG STUNTING (STUDI DI KECAMATAN LENGAYANG, KABUPATEN PESISIR SELATAN, SUMATERA BARAT)

ASRIZUL, SYAFRIL (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI ELSIMIL DAN VIDEO YOUTUBE TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP CALON PENGANTIN TENTANG STUNTING (STUDI DI KECAMATAN LENGAYANG, KABUPATEN PESISIR SELATAN, SUMATERA BARAT). Masters thesis, UNAND.

[img] Text (COVER)
cover+abstrack.pdf - Published Version

Download (152kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (154kB)
[img] Text (PENUTUP)
penutup kesimpulan saran.pdf - Published Version

Download (66kB)
[img] Text (DAPUS)
dapus.pdf - Published Version

Download (215kB)
[img] Text (FULL)
Tesis Asrizul Syafril 2120862010 full watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Angka kejadian stunting di Kabupaten Pesisir Selatan mengalami peningkatan dari 25,2% pada tahun 2021 menjadi 29,8% pada tahun 2022. Angka ini masih jauh dari target penurunan stunting Indonesia sebesar 14% pada tahun 2024. Salah satu upaya menurunkan kejadian stunting adalah dengan melakukan komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE) kepada calon pengantin melalui media seperti aplikasi elsimil dan video youtube. Penggunaan media diharapkan dapat membuat komunikasi yang dilakukan lebih efektif, sehingga informasi stunting yang disampaikan dapat dimaknai dengan baik oleh calon pengantin. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas media aplikasi elsimil, media video youtube dan kombinasi aplikasi elsimil plus video youtube dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap calon pengantin tentang stunting. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen yang menggunakan rancangan one group pretest-postest design. Sampel pada penelitian berjumlah 30 orang dan dibagi menjadi tiga kelompok dengan jumlah masing-masing kelompok sebanyak 10 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan test, berupa pre test dan post test kepada masing-masing kelompok di KUA Kecamatan Lengayang pada bulan Agustus 2023-September 2023. Analisis data menggunakan uji statistik paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat pengetahuan dan sikap calon pengantin sebelum dan sesudah diberikan perlakuan menggunakan masing-masing media aplikasi elsimil, video youtube, dan kombinasi aplikasi elsimil plus video youtube. Penggunaan kombinasi media aplikasi elsimil plus video youtube memberikan hasil yang lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap calon pengantin tentang stunting daripada media aplikasi elsimil ataupun video youtube. Edukasi stunting kepada calon pengantin dapat menggunakan media aplikasi elsimil atau video youtube, namun lebih efektif menggunakan kombinasi media aplikasi elsimil plus video youtube.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. ERNITA ARIF, M.Si Dr. ASMAWI, MS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 04 Mar 2024 07:30
Last Modified: 04 Mar 2024 07:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465574

Actions (login required)

View Item View Item