Pilot Project Inovasi Pelayanan Sistem Informasi Puskesmas Terpadu Kota Payakumbuh (SIPADUKO) di Kota Payakumbuh

Nadia, Sri (2024) Pilot Project Inovasi Pelayanan Sistem Informasi Puskesmas Terpadu Kota Payakumbuh (SIPADUKO) di Kota Payakumbuh. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (84kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (552kB)
[img] Text (Bab VI Kesimpulan dan Saran)
Bab VI.pdf - Published Version

Download (38kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (170kB)
[img] Text (Full Skripsi)
Full Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian yang bertujuan menganalisis Pilot Project Inovasi Pelayanan Sistem Informasi Puskesmas Terpadu Kota Payakumbuh (Sipaduko) di Kota Payakumbuh. Dilatarbelakangi oleh Prestasi Sistem Informasi Puskesmas Terpadu Kota Payakumbuh (Sipaduko) sukses meraih penghargaan Top 99 inovasi pelayanan publik 2021 oleh Kemen PANRB. Namun , setelah dilakukan observasi awal justru peneliti menemukan bahwa sangat sedikit masyarakat yang memanfaatkan inovasi Sipaduko dalam mengakses layanan kesehatan di Puskesmas Ibuh dan lebih nyaman datang secara langsung dengan mengambil antrian manual. Penelitian ini mengacu pada teori inovasi yang dikemukakan oleh Schumpeter yang diantaranya meliputi launch of a new product or a new species of already known product, application of new methods of production or sales of a product (not yet proven in the industry), opening of a new market (the market for which a branch of the industry was not yet represented), acquiring of new sources of supply of raw material or semi-finished goods, new industry structure such as the creation or destruction of a monopoly position. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Data yang diperoleh dilakukan dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dengan teknik pemilihan informan purposive sampling. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa Inovasi Sipaduko di Puskesmas Ibuh berjalan dengan baik. Hal ini karenakan hampir seluruh aspek inovasi menurut Schumpeter terpenuhi. Seperti halnya terdapat sosialisasi, terdapat cara baru dalam memberikan layanan kepada masyarakat, tersedianya sarana prasarana serta sumber daya manusia yang memadai, inovasi Sipaduko sesuai dengan visi misi Puskesmas Ibuh, serta terdapat kerjasama antar lembaga untuk menyelenggarakan inovasi Sipaduko di Puskemas Ibuh. Adapun kendala yang ada yaitu kurangnya antusias dari masyarakat untuk menggunakan inovasi Sipaduko, kurangnya manajemen pegawai, penganggaran yang masih lemah, serta tidak adanya tujuan baru dari Puskesmas Ibuh setelah diberlakukannya inovasi Sipaduko.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. Roni Ekha Putera S.IP, M.PA Muhammad Ichsan Kabullah, S.IP., M.PA
Uncontrolled Keywords: Inovasi; Pelayanan Publik; Sipaduko; Kota Payakumbuh
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: S1 Administrasi Public
Date Deposited: 04 Mar 2024 04:41
Last Modified: 24 Oct 2024 07:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465525

Actions (login required)

View Item View Item