Hubungan Pengetahuan Remaja tentang Menstruasi dengan Sikap Menghadapi Menarche Pada Siswi Kelas VI SD di Kota Padang Tahun 2019

DILLA, FITRI (2019) Hubungan Pengetahuan Remaja tentang Menstruasi dengan Sikap Menghadapi Menarche Pada Siswi Kelas VI SD di Kota Padang Tahun 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 pendahuluan)
bab 1-dikonversi.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab akhir penutup)
bab akhir-dikonversi.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
dapus.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
Skripsi Dilla Fitri(1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang dan Tujuan Penelitian Remaja perempuan membutuhkan pengetahuan yang benar tentang menstruasi agar bersikap positif dan memiliki kesiapan dalam menghadapi menarche. Pengetahuan tentang menstruasi merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi sikap remaja dalam menghadapi menarche. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Pengetahuan remaja tentang menstruasi dengan sikap menghadapi menarche pada siswi kelas VI SD di Kota Padang tahun 2019. Metode Penelitian bersifat analitik dengan desain cross sectional, dilakukan di Sekolah Dasar di Kota Padang. Subjek penelitian adalah siswi kelas VI SD sebanyak 32 orang. Pengumpulan data dengan cara observasi dan kuesioner. Analisis data secara univariat dan bivariat menggunakan Chi square dengan p value ≤0,05. Hasil Hasil penelitian menunjukkan 46,9% responden memiliki pengetahuan yang tinggi dengan sikap positif. Hasil analisis bivariat menunjukkan terdapat hubungan antara pengetahuan remaja tentang menstruasi dengan sikap menghadapi menarche pada siswi kelas VI SD di Kota Padang (p= 0,012). Kesimpulan Terdapat hubungan antara pengetahuan remaja tentang menstruasi dengan sikap menghadapi menarche pada siswi kelas VI SD di Kota Padang tahun 2019. Sebanyak 46,9% responden memiliki pengetahuan yang tinggi tentang menstruasi dan 75% responden bersikap positif menghadapi menarche. Daftar Pustaka : 52 (2000 - 2017) Kata Kunci : Pengetahuan, sikap, sekolah dasar, menstruasi, menarche.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Hardisman, M. HID, Dr. PH
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 12 Jul 2019 10:18
Last Modified: 12 Jul 2019 10:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/46535

Actions (login required)

View Item View Item