Hubungan Faktor Lingkungan Fisik Dan Psikososial Terhadap Stres Kerja Karyawan PT. RPS Di Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun 2023

Andrilla, Putri Anti Pratama (2024) Hubungan Faktor Lingkungan Fisik Dan Psikososial Terhadap Stres Kerja Karyawan PT. RPS Di Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover abstrak.pdf - Published Version

Download (223kB)
[img] Text (BAB 6 (Kesimpulan dan Saran))
BAB 6.pdf - Published Version

Download (234kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB1.pdf - Published Version

Download (371kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
andrila daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (364kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi_Andrilla_Putri_Anti_Pratama_2011216009_Lengakp.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian: Stres kerja memiliki potensi mengakibatkan terjadinya kecelakaan kerja. Faktor pemicu terjadinya stres kerja diantaranya yaitu faktor lingkungan kerja dan psikososial. Hasil survei pada karyawan PT. RPS ditemukan 60% mengalami stres kerja, 60% menilai lingkungan fisik kerja kurang baik, dan 70% memiliki masalah psikososial. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan faktor lingkungan fisik kerja dan psikososial terhadap stres kerja karyawan PT. RPS tahun 2023. Metode: Jenis penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional yang dilakukan pada bulan November 2022-Januari 2024. Populasi penelitian adalah karyawan pakan ayam PT. RPS dengan jumlah sampel 140 orang menggunakan metode accidental sampling. Data dianalisis menggunakan analisis univariat dan bivariat. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan 55% karyawan mengalami stres kerja, 55.7%, karyawan merasa lingkungan fisik kerja buruk, dan 51.4% karyawan merasakan hubungan psikososial yang buruk. Terdapat hubungan antara lingkungan fisik kerja (p=0.000) dan faktor psikososial (p=0.000) dengan stres kerja. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara faktor lingkungan fisik kerja dan psikososial terhadap stres kerja. Disarankan kepada PT. RPS agar melakukan manajemen stres seperti pelatihan dan penyuluhan, serta menyediakan layanan konseling untuk karyawan yang merasakan stres, menjaga kebersihan kandang dan pengangkatan kotoran ayam secara rutin, dan membangun ikatan yang solid antara karyawan dengan cara rekreasi bersama karyawan atau gathering.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Trisfa Augia, S.Si., Apt., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Stres kerja, lingkungan kerja, psikososial
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 29 Feb 2024 11:01
Last Modified: 29 Feb 2024 11:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464740

Actions (login required)

View Item View Item