FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN KONSTIPASI FUNGSIONAL PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN PASIA NAN TIGO KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG

Zakya, Amelia (2019) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN KONSTIPASI FUNGSIONAL PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN PASIA NAN TIGO KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
1.Abstrak.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
2. BAB 1.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII Penutup)
3. BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
5. tugas akhir ilmiah utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN KONSTIPASI FUNGSIONAL PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN PASIA NAN TIGO KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG Oleh Zakya Amelia Konstipasi fungsional merupakan masalah kesehatan yang umum pada anak di dunia. Ada beberapa faktor yang berkontribusi terhadap kejadian konstipasi fungsional pada anak usia sekolah yaitu faktor kebiasaan diet, faktor lingkungan, serta aspek psikososial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai faktor yang diduga berhubungan dengan kejadian konstipasi fungsional pada anak sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah analitik dengan desain cross sectional. Populasi terjangkau penelitian ini adalah usia 8 tahun sampai 10 tahun dengan sampel sebanyak 135 orang. Hasil penelitian menunjukkan hampir sepertiga anak sekolah dasar mengalami konstipasi fungsional (31,9%) dan usia rata-rata yang mengalami konstipasi fungsional adalah usia 8,7 tahun dengan jenis kelamin perempuan. Sebanyak 39,3% anak asupan serat kurang mengalami konstipasi fungsional, dan sebanyak 42,7% anak dengan asupan cairan kurang mengalami konstipasi fungsional serta sebanyak 47,1% anak dengan gangguan psikososial mengalami konstipasi fungsional. Uji regresi logistik berganda didapatkan asupan serat menjadi faktor yang paling dominan berhubungan dengan kejadian konstipasi pada anak dengan OR=14,179. Kesimpulan dari penelitian ini adalah didapatkan hubungan yang signifikan antara asupan serat, asupan cairan, dan gangguan psikososial dengan konstipasi fungsional pada anak, sedangkan keengganan menggunakan toilet sekolah tidak didapatkan hubungan yang signifikan dengan konstipasi pada anak.. Kata Kunci: Konstipasi fungsional, pada anak, faktor berhubungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.dr. Yusri Dianne Jurnalis, Sp.A(K)
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 26 Jun 2019 11:15
Last Modified: 26 Jun 2019 11:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/46365

Actions (login required)

View Item View Item