PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG SELF CONCEPT DAN SELF DEFENSE TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PENCEGAHAN PELECEHAN SEKSUAL PADA SISWA-SISWI DI SD X KOTA PADANG

Siska, Bradinda Putri Sudirman (2019) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG SELF CONCEPT DAN SELF DEFENSE TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PENCEGAHAN PELECEHAN SEKSUAL PADA SISWA-SISWI DI SD X KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7)
BAB 7 (Penutup).pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Latar Belakang dan Tujuan Penelitian Maraknya fenomena kejadian pelecehan seksual cenderung menimpa kaum yang lemah, salah satunya anak-anak sehingga menimbulkan cedera fisik maupun psikologis. Kejadian yang terlaporkan masih sangat rendah karena kurangnya pengetahuan dan ketidaktahuan anak untuk bersikap saat terjadinya pelecehan seksual yang menimpa dirinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh pendidikan kesehatan tentang self concept dan self defense terhadap pengetahuan dan sikap pencegahan pelecehan seksual pada siswa-siswi di SD X Kota Padang. Metode Jenis penelitian ini adalah Pre Eksperiment dengan desain One Group Pretest-Posttest. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Maret sampai April 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V dan VI. Jumlah sampel penelitian ini adalah sebanyak 41 subjek. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Total Sampling. Pengolahan data dilakukan dengan uji Paired Sample T-Test (p<0,05) menggunakan software SPSS 17. Hasil penelitian didapatkan bahwa rata-rata pengetahuan dan sikap siswa-siswi sebelum diberikan pendidikan kesehatan adalah 5,85 dan setelah diberikan pendidikan kesehatan adalah 7,66 Hasil analisis Paired Samples T-Test didapatkan nilai p value (p=0,000). Kesimpulan Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan tentang self concept dan self defense terhadap pengetahuan dan sikap pencegahan pelecehan seksual di SD X Kota Padang. Diharapkan dengan penelitian ini, guru dan orang tua dapat memahami bentuk dan bahaya pelecehan seksual.Daftar Pustaka:80 (2003 - 2018) Kata Kunci: Sekolah dasar, pendidikan kesehatan, self concept, self defense, pelecehan seksual pada anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yulizawati, S.ST., M.Keb
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 21 Jun 2019 10:48
Last Modified: 21 Jun 2019 10:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/46343

Actions (login required)

View Item View Item