Strategi Pengembangan Bisnis Pada Usaha Opung Waffle Cafe

Sherena, Andri (2024) Strategi Pengembangan Bisnis Pada Usaha Opung Waffle Cafe. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (178kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (402kB)
[img] Text (Bab VI (Penutup))
BAB VI.pdf - Published Version

Download (35kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (119kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pesatnya perkembangan industri telah menyentuh ranah industri makanan dan minuman yang ditunjukkan dengan pertumbuhan sebesar 4,90% dan menduduki posisi ke-8 pada sektor industri non migas. Dampak perkembangan industri makanan dan minuman juga menyebabkan perubahan-perubahan dalam bisnis. Transformasi model bisnis dapat menjadi salah satu langkah untuk memberikan arahan dalam pengembangan strategi bisnis. Opung Waffle Cafe merupakan salah satu usaha makanan dan minuman yang ada di kota Padang yang menjual waffle dan minuman kopi serta non kopi. Dalam menjalankan bisnisnya, pihak Opung Waffle Cafe menginginkan agar usahanya terus berkembang dan tidak tertinggal dari pesaing bisnis lainnya. Banyaknya populasi masyarakat di kota Padang dapat menjadi keuntungan bagi Opung Waffle Cafe karena semakin banyak pula peluang untuk terus menangkap konsumen. Banyaknya usaha sejenis yang membuat tingkat persaingan dalam bisnis cafe semakin tinggi dan tutupnya salah satu outlet di Jalan Limau Manis, serta belum lengkapnya fasilitas yang diberikan yaitu fasilitas indoor menjadi beberapa masalah yang dihadapi Opung Waffle Cafe pada saat ini. Berdasarkan permasalahan tersebut serta adanya keinginan dari pemilik untuk mengembangkan bisnisnya, maka diperlukan perancangan model bisnis usulan bagi Opung Waffle Cafe dan menghasilkan strategi pengembangan yang sesuai untuk Opung Waffle Cafe. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggambarkan model bisnis pada saat in dengan sembilan blok elemen Business Model Canvas yang dikelompokkan ke dalam empat variabel utama bisnis, analisis SWOT dan perancangan strategi dengan tahap input yaitu membuat matriks IFE dan matriks EFE), tahap pencocokan menggunakan matriks SWOT dan matriks IE dan tahap keputusan dengan menggunakan QSPM. Hasil matriks IE menunjukkan Opung Waffle Cafe berada pada sel II yaitu tumbuh dan membangun. Hasil kombinasi matriks IE dan SWOT menghasilkan alternatif strategi, dan melalui QSPM dihasilkan strategi intensif sebagai strategi terpilih dengan total skor daya tarik sebesar 7,188. Strategi usulan tersebut diantaranya menerapkan proses higiene dan sanitasi, fokus pada branding dan merek, penambahan variasi produk, memperkuat hubungan dengan pemasok utama, program langganan dan loyalitas pelanggan, waralaba (franchise), memaksimalkan penggunaan media sosial, promosi produk yang menarik, kemitraan dengan influencer, meningkatkan kualitas layanan SDM, dan penambahan fasilitas indoor. Model bisnis usulan mengalami penambahan pada semua elemen BMC usulan, kecuali revenue stream.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir Alizar Hasan, MSIE., M.Eng
Uncontrolled Keywords: Industri makanan dan minuman, Bisnis Cafe, Opung Waffle Cafe, Business Model Canvas, strategi, analisis SWOT
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 26 Feb 2024 08:14
Last Modified: 26 Feb 2024 08:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/463413

Actions (login required)

View Item View Item