Huda, Rahdima (2019) Upaya Peningkatan Pendapatan Melalui Program Layanan Premium pada PT PLN (Persero) UP3 Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover)
COVER PDF.pdf - Published Version Download (23kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I PDF.pdf - Published Version Download (278kB) | Preview |
|
|
Text (BAB Akhir)
BAB AKHIR PDF.pdf - Published Version Download (232kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf - Published Version Download (259kB) | Preview |
|
Text (Tugas Akhir)
Tugas Akhir Full PDF.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Pendapatan telah menjadi bagian yang sangat penting bagi setiap perusahaan, karena pendapatan merupakan hasil yang diperoleh dari aktivitas aktivitas perusahaan dalam suatu periode. Menurut Harahap (2011), mengemukakan bahwa pendapatan adalah hasil penjualan barang dan jasa yang dibebankan kepada langganan atau mereka yang menerima. Pendapatan adalah kenaikan modal perusahaan akibat penjualan produk perusahaan. Arus masuk aktiva atau peningkatan lainnya atas aktiva atau penyelesaian kewajiban entitas (atau kombinasi dari keduanya) dari pengirim barang, pemberian jasa, atau aktivitas lainnya yang merupakan operasi utama atau operasi sentral perusahaan (Soemarso, 2009:54). Dalam meningkatkan pendapatan, akan terasa sulit ketika perusahaan tersebut tidak memiliki upaya yang tepat dalam mencapai target. Penting bagi setiap perusahaan memiliki upaya dalam meningkatkan pendapatan, diantaranya dengan meningkatkan pelayanan dan mengembangkan inovasi produk baru. Lukman dalam Sinambela (2006) berpendapat, pelayanan adalah suatu kegiatan atau urutan kegiatan yang terjadi dalam interaksi langsung antar seseorang dengan orang lain atau mesin secara fisik, dan menyediakan kepuasan pelanggan. Pelayanan publik (service public) berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No.81 Tahun 1993 yang kemudian disempurrnakan dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 63 Tahun 2003 sebagai berikut : Pelayanan publik adalah segala bentuk pelayanan yang dilaksanakan oleh instansi pemerintah pusat, daerah, dan lingkungan Badan Usaha Milik Daerah, Badan Usaha Milik Negara serta Badan Usaha Milik Swasta dalam bentuk barang dan jasa, baik dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka pelaksanaan ketentuan peraturan perundang undangan. Sedangkan pengertian pelayanan publik menurut Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara publik. Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan dipasar untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Produk terdiri atas barang, jasa, pengalaman, events, orang, tempat, kepemilikan, organisasi, informasi dan ide (Kotler, 2000:394). Badan Usaha menurut Undang-Undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan Indonesia Pasal 1 adalah sekumpulan orang dan atau modal yang merupakan kesatuan, baik yang melakukan usaha maupun yang tidak melakukan usaha yang memiliki perseroan terbatas, perseroan komanditer, perseroan lainnya. Badan Usaha Milik Negara atau Milik Daerah, dan lembaga lainnya termasuk kontrak investasi kolektif dan bentuk badan usaha tetap. Cabang PT PLN (Persero) salah satunya adalah PT PLN (Persero) UP3 Padang merupakan bagian dari pelaksanaan dan pelayanan pelanggan. PT PLN (Persero) UP3 Padang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ditunjuk sebagai perusahaan penyedia tenaga listrik guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Dalam upaya memenuhi kebutuhan masyarakat, PT PLN (Persero) UP3 Padang berusaha memberikan pelayanan dengan baik kepada pelanggannya. Hal tersebut dapat menunjang citra positif terhadap perusahaan mereka serta dapat meningkatkan pendapatan dari pelanggan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Arief Prima Johan, SE, MSc |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > D3 Kesekretariatan dan Manajemen Perkantoran |
Depositing User: | d3 kesekretariatan ekonomi |
Date Deposited: | 31 May 2019 09:43 |
Last Modified: | 31 May 2019 09:43 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/46291 |
Actions (login required)
View Item |