IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT.TELKOM INDONESIA WITEL SUMATERA BARAT DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA PERUSAHAAN (Studi pada UMKM Binaan Telkom Indonesia di Kota Padang)

M Naufal, Zafran (2024) IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT.TELKOM INDONESIA WITEL SUMATERA BARAT DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA PERUSAHAAN (Studi pada UMKM Binaan Telkom Indonesia di Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (330kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (187kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (156kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (159kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Setelah terjadinya Pandemi Covid-19 selama 3 tahun terakhir, UMKM yang bergerak di bidang jasa dan perdagangan menjadi salah satu sektor UMKM yang memiliki hambatan serius dalam proses pelaksanaannya. PT Telkom Indonesia Witel Sumatera Barat melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan atau yang disingkat PKBL merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk memenuhi tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat atau dikenal dengan istilah CSR. Program ini merupakan program dengan memberikan pinjaman modal dan pelatihan kepada UMKM mitra binaan Telkom Witel Sumatera Barat. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Telkom Indonesia Witel Sumatera Barat dalam mempertahankan citra perusahaan pada pemberdayaan UMKM binaan Telkom Witel Sumatera Barat yang berada di Kota Padang yang bergerak di bidang jasa dan perdagangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan post-positivisme dengan pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori Triple Bottom Line untuk melihat implementasi yang dilakukan oleh PT Telkom Indonesia Witel Sumatera Barat. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi Telkom Indonesia Witel Sumatera Barat telah menyusun peraturan, menyediakan sarana, prasarana, dan dana, serta menetapkan kebijakan dengan sesuai. Evaluasi kesuksesan implementasi menggunakan kerangka Triple Bottom Line menunjukkan bahwa Telkom Indonesia memperoleh keuntungan materil dari penjualan produk, menciptakan citra positif di masyarakat melalui program CSR, memberikan dampak positif pada lingkungan melalui program bina lingkungan, dan fokus pada pengembangan bisnis komunitas UMKM. Untuk citra PT Telkom Indonesia Witel Sumatera Barat sendiri terlihat positif berdasarkan kesan positif dari masyarakat, terutama mitra binaan perusahaan UMKM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ernita Arif, M.Si
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, Implementasi, Public Relation, PT Telkom Indonesia Witel Sumatera Barat, Citra
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 20 Feb 2024 09:50
Last Modified: 20 Feb 2024 09:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462519

Actions (login required)

View Item View Item