INFERIORITAS DAN KOMPENSASI TOKOH UTAMA DALAM NOVEL KAWI MATIN DI NEGERI ANJING KARYA ARAFAT NUR (KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA)

Nuzul, Ilmiawan (2024) INFERIORITAS DAN KOMPENSASI TOKOH UTAMA DALAM NOVEL KAWI MATIN DI NEGERI ANJING KARYA ARAFAT NUR (KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (158kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (215kB)
[img] Text (Kesimpulan dan Saran)
BAB 4 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (25kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (33kB)
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nuzul Ilmiawan. 1910722011. “Inferioritas dan Kompensasi Tokoh Utama dalam Novel Kawi Matin di Negeri Anjing karya Arafat Nur (Kajian Psikologi Sastra)”. Skripsi. Program Studi Sastra Indonesia. Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Andalas. 2023. Pembimbin I: Dr. Zurmailis, M. A. Pembimbing II: Dr. Sn. Noni Sukmawati, M. Hum. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi inferioritas dan kompensasi tokoh utama dalam novel Kawi Matin di Negeri Anjing karya Arafat Nur. Penelitian ini menggunakan teori psikologi individual Alfred Adler. Metode penelitian yang digunakan analisis deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan data-data yang sudah diidentifikasi melalui proses pembacaan yang berulang-ulang. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, ditemukan bahwa Kawi Matin sebagai tokoh utama dalam novel Kawi Matin di Negeri Anjing memiliki permasalahan psikologis yang serius akibat dari inferioritas yang ada pada dirinya, berupa rasa malu, ketidakamanan, rasa takut, keragu-raguan, ketaatan submisif, fantasi yang kekecilan, kebutuhan akan dorongan atau dukungan. Begitupun bentuk kompensasi yang dilakukan tokoh Kawi Matin tidak memberikan perubahan yang signifikan terhadap hidupnya. Hal ini dikarenakan Kawi Matin tidak memiliki bayangan terkait masa depan yang konkrit dalam hidupnya. Kata Kunci: Kawi Matin di Negeri Anjing, Kawi Matin, Inferioritas, Kompensasi, Psikologi Sastra, Alfred Adler, Psikologi Individual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Zurmailis, M. A.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0441 Literary History
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: s1 sastra indonesia
Date Deposited: 19 Feb 2024 04:17
Last Modified: 19 Feb 2024 04:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462264

Actions (login required)

View Item View Item