FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN DISMENORE PRIMER PADA MAHASISWI PROGRAM STUDI KEDOKTERAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS TAHUN 2023

Aditya, Luthfian Dzaky (2024) FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN DISMENORE PRIMER PADA MAHASISWI PROGRAM STUDI KEDOKTERAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (316kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (202kB)
[img] Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (172kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (184kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Dismenore atau nyeri haid sering terjadi pada usia 18-25 tahun dan sangat menganggu aktivitas sehari hari sehingga menurunkan produktivitas. Hal tersebut dapat disebabkan beberapa faktor risiko yang bersifat multifkatorial, diantaranya usia menarche, riwayat keluarga, kualitas tidur yang buruk, dan durasi perdarahan menstruasi yang lama. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian dismenore primer pada mahasiswi Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Andalas tahun 2023. Penelitian cross sectional menggunakan data primer melalui google form dilakukan pada bulan Oktober 2023. Sampel penelitian adalah setiap anggota populasi yang mempunyai kesempatan yang sama untuk diseleksi sebagai sampel melalui pengacakan. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling sebesar 212 mahasiswi angkatan 2020-2022. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji chi-square. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukan sebagian besar responden mengalami dismenore primer, derajat ringan, usia menarche yang normal, riwayat dismenore pada keluarganya, kualitas tidur yang buruk, dan durasi perdarahan menstruasi yang normal. Hasil bivariat juga didapatkan bahwa tidak adanya hubungan antara usia menarche, riwayat keluarga, dan durasi perdarahan menstruasi dengan kejadian dismenore primer dan hanya kualitas tidur yang berhubungan dengan kejadian dismenore primer (p=0,004). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapatnya hubungan yang bermakna antara kualitas tidur dengan kejadian dismenore primer pada mahasiswi Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Andalas tahun 2023. Perlunya setiap wanita usia subur untuk mengetahui setiap faktor risiko yang menyebabkan dismenore dan memperparah terjadinya dismenore tersebut. Salah satu langkahnya dengan mengubah kualitas tidur yang buruk menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Hudila Rifa Karmia, Sp.OG
Uncontrolled Keywords: Dismenore, usia menarche, riwayat keluarga, kualitas tidur, durasi perdarahan mentruasi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 13 Feb 2024 08:46
Last Modified: 13 Feb 2024 08:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/461999

Actions (login required)

View Item View Item