Praktik Etika dan Profesionalisme Keinsinyuran Pada Konsultan Manajemen Konstruksi di Proyek Rumah Susun ASN Universitas Andalas

Welman, Fedri (2023) Praktik Etika dan Profesionalisme Keinsinyuran Pada Konsultan Manajemen Konstruksi di Proyek Rumah Susun ASN Universitas Andalas. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (114kB)
[img] Text (Bab 1 (Pendahuluan))
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (335kB)
[img] Text (Bab Akhir (Penutup/Kesimpulan))
Bab 5 (Penutup).pdf - Published Version

Download (268kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (147kB)
[img] Text (Laporan Akhir Utuh)
Laporan Akhir Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Proyek Pembangunan Rumah Susun ASN Universitas Andalas merupakan proyek Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Satuan Kerja SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Sumatera Barat. Rumah Susun ASN Universitas Andalas dibangun di area Kampus Universitas Andalas Limau Manis Padang dengan kondisi bangunan 3 (tiga) lantai dan total luas bangunan 2.740m2. Fasilitas di Rumah Susun ASN Universitas Andalas merupakan tipe 36 (tiga puluh enam) dengan total hunian berjumlah 44 (empat puluh empat) hunian yang masing-masing hunian terdapat 2 (dua) kamar tidur, dapur dan kamar mandi serta juga di dalam bangunan terdapat Ruang Serbaguna, Musholla dan Ruang Pengelola. Keberhasilan dari Proyek Rumah Susun ASN Universitas Andalas tidak terlepas dari peran dan kontribusi Konsultan Manajemen Konstruksi sebagai pengendali kegiatan dengan menerapkan kode etik dan profesionalisme keinsinyuran sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2014 tentang Keinsinyuran yaitu profesionalitas, integritas, etika, kemanfaatan, keamanan dan keselamatan. Keberhasilan yang dicapai dalam proyek ini mengacu kepada Triple Constrains, yaitu pekerjaan dilaksanakan dengan tepat biaya (kuantitas), tepat mutu (kualitas) dimana pekerjaan sesuai dengan standar spesifikasi teknis yang terdapat dalam kontrak pekerjaan dan tepat waktu dengan penyelesaian pekerjaan dapat dilaksanakan sebelum masa kontrak pekerjaan berakhir. Kata kunci : Rumah Susun, Konsultan Manajemen Konstruksi, Profesionalisme, Triple Constrains.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. BAMBANG ISTIJONO, M. Eng, IPU
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: S2 Profesi Insinyur
Date Deposited: 26 Jan 2024 04:42
Last Modified: 26 Jan 2024 04:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/461436

Actions (login required)

View Item View Item