HUBUNGAN DERAJAT KEPARAHAN AKNE VULGARIS DENGAN KUALITAS HIDUP, KECEMASAN, DAN DEPRESI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN FK UNAND ANGKATAN 2020

Annisaul, Husna (2023) HUBUNGAN DERAJAT KEPARAHAN AKNE VULGARIS DENGAN KUALITAS HIDUP, KECEMASAN, DAN DEPRESI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN FK UNAND ANGKATAN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (100kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1 Pendahuluan Annisaul Husna.pdf - Published Version

Download (61kB)
[img] Text (Kesimpulan dan Saran)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (44kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Annisaul Husna.pdf - Published Version

Download (150kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Akne vulgaris adalah peradangan folikel sebaseous yang bersifat kronis. Akne dapat menimbulkan rasa malu, penurunan kepercayaan diri, rendah diri, ketakutan dinilai negatif bahkan keinginan bunuh diri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan derajat keparahan akne vulgaris dengan kualitas hidup, kecemasan, dan depresi pada mahasiswa Program Studi Kedokteran FK UNAND angkatan 2020. Penelitian ini bersifat analitik observasional dengan rancangan cross secsional. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juni 2023. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Kedokteran FK UNAND angkatan 2020 yang berjerawat. Jumlah Sampel penelitian adalah 70 orang. Penelitian ini menggunakan kuesioner CADI dan DASS-21, lalu diolah dengan program SPSS. Analisis statistik menggunakan Uji Mann-Whitney. Hasil penelitian diperoleh responden terbanyak perempuan berusia 20 dan paling banyak mengalami akne derajat ringan sebanyak 84,3%. Responden dominan mengalami gangguan kualitas hidup ringan sebanyak 80%, tidak ada kecemasan sebanyak 32,9%, dan tingkat depresi normal sebanyak 52,9%. Tidak terdapat hubungan antara derajat keparahan akne vulgaris dengan kualitas hidup (p=0,076), kecemasan (p=0,623), dan tingkat depresi (p=0,751). Kesimpulan penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan yang bermakna antara derajat keparahan akne vulgaris dengan kualitas hidup, kecemasan, dan depresi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Satya Wydya Yenny, Sp.DVE, Subsp.D.K.E, M.Ag, FINSDV, FAADV
Uncontrolled Keywords: CADI, DASS-21, dampak psikologi, kepercayaan diri
Subjects: R Medicine > RL Dermatology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Profesi Dokter
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 25 Jan 2024 06:47
Last Modified: 25 Jan 2024 06:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/461391

Actions (login required)

View Item View Item