Makna Sosial Kepemilikan Iphone Bagi Mahasiswa Penerima KIP Kuliah Merdeka Di Universitas Andalas (Studi Kasus Terhadap Mahasiswa FISIP UNAND Angkatan 2020-2022)

Nurul, Sakinah (2023) Makna Sosial Kepemilikan Iphone Bagi Mahasiswa Penerima KIP Kuliah Merdeka Di Universitas Andalas (Studi Kasus Terhadap Mahasiswa FISIP UNAND Angkatan 2020-2022). Diploma thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (251kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN .pdf - Published Version

Download (200kB)
[img] Text (BAB IV PENUTUP)
BAB IV PENUTUP.pdf - Published Version

Download (211kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (331kB)
[img] Text (SKRIPSI LENGKAP)
Skripsi Lengkap .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (564kB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi komunikasi, terkhususnya pada smartphone, memberikan dampak yang signifikan terhadap kehidupan masyarakat modern. IPhone merupakan salah satu smartphone yang memiliki citra merek yang bagus dan banyak diminati oleh mahasiswa termasuk mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka sehingga memunculkan pemaknaan tersendiri bagi setiap penggunanya dan membentuk konsep diri mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna sosial kepemilikan iPhone bagi mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka di Universitas Andalas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Penentuan informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam dengan 9 informan pelaku dan 3 informan pengamat dan observasi. Teori yang digunakan adalah teori interaksionisme simbolik yang dikembangkan oleh Hebeart Mead yang melihat pentingnya interaksi sosial membentuk konsep diri dan makna sosial. Hasil penelitian yang diperoleh adalah konsep diri mahasiswa KIP Kuliah Merdeka sebagai pengguna iPhone adalah sebagai mahasiswa yang memiliki status sosial dan keberhasilan, sebagai mahasiswa yang kreatif, dan sebagai mahasiswa yang menghargai kenyamanan dan kepuasaan pengguna. Kemudian proses interaksi sosial yang membentuk konsep makna tersebut adalah interaksi sosial dengan teman sebaya dan lingkungan sekitar, dan interaksi sosial melalui platform media sosial. Kata Kunci: IPhone, Makna Sosial, Konsep Diri, Interaksi Sosial, Mahasiswa KIP Kuliah Merdeka

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Rinaldi Eka Putra, M.Si
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:50
Last Modified: 08 Jan 2024 02:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/460940

Actions (login required)

View Item View Item