HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KESIAPAN MENARCHE PADA SISWI DISABILITAS INTELEKTUAL DI SLB KOTA PADANG

MUTIARAHMI, MUTIARAHMI (2023) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KESIAPAN MENARCHE PADA SISWI DISABILITAS INTELEKTUAL DI SLB KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (452kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text (BAB VII PENUTUP)
BAB VII PENUTUP.pdf - Published Version

Download (101kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi Fulltext_Mutiarahmi_1910333001.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Menarche merupakan hal biasa yang dialami oleh remaja putri ketika dia beranjak dewasa. Hal tersebut banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor yang ada di lingkungan sekitarnya. Faktor-faktor tersebut yang nantinya melihatkan apakah remaja putri tersebut siap atau tidak siap dalam menghadapi menarchenya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan dukungan keluarga terhadap kesiapan menarche pada siswi disabilitas intelektual di SLB Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian survei analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional dimana variabel independen yaitu pengetahuan dan dukungan keluarga dengan variabel dependen yaitu kesiapan menarche pada siswi disabilitas intelektual. Sampelnya yaitu siswi disabilitas intelektual yang ada di SLBN 1 Padang, SLBN 2 Padang, SLB Wacana Asih dan SLB YPPLB Padang. Sampel ini berjumlahkan sebanyak 52 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Analisis dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan uji chi square. Hasil penelitian pada univariat menunjukkan bahwa dari 52 responden ternyata mayoritas pengetahuan ibu baik sebesar 88,5%, mayoritas keluarga mendukung sebesar 65,4% dan mayoritas kesiapan menarchenya sebesar 86,5% . Hasil bivariatnya menunjukkan kesiapan menarche lebih tinggi pada pengetahuan ibu baik sebesar 95,7% dan pengetahuan ibu yang kurang baik sebesar 16,7% dengan p value = 0,000. Sedangkan kesiapan menarche lebih tinggi pada keluarga mendukung sebesar 97,1% dan keluarga yang tidak mendukung sebesar 66,7% dengan p value = 0,005. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan dan dukungan keluarga terhadap kesiapan menarche pada siswi disabilitas intelektual di Kota Padang. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu dapat memberikan pengarahan dalam bentuk promosi kesehatan terkait kesehatan reproduksi terutama kepada ibu yang memiliki anak disabilitas intelektual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Abdiana, SKM., M.Epid
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Menarche, Pengetahuan Ibu, Dukungan Keluarga
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:54
Last Modified: 08 Jan 2024 07:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/460936

Actions (login required)

View Item View Item