HUBUNGAN MOTIF DENGAN KEPUASAN FOLLOWERS PADA AKUN INSTAGRAM @OTTENCOFFEE

Sultan, Aditya Agam Wijaya (2023) HUBUNGAN MOTIF DENGAN KEPUASAN FOLLOWERS PADA AKUN INSTAGRAM @OTTENCOFFEE. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (459kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (427kB)
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Akun Instagram @ottencoffee merupakan salah satu akun bisnis pada media sosial Instagram yang dikelola oleh salah satu startup yang bergerak pada industri kopi, yaitu Otten Coffee. Akun Instagram @ottencoffe, akun ini telah mencapai 400 ribu lebih followers. Akun Instagram @ottencoffee juga telah terverifikasi langsung oleh pihak Instagram sebagai akun yang otentik serta memiliki orisinalitas konten tersendiri. Selain itu, tingkat aktivitas unggahan konten yang dilakukan setiap hari, serta informasi yang berfokus pada hal-hal yang berkaitan dengan industri kopi menjadi salah satu keunikan akun ini. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan teori uses and gratification. Penggunaan teori tersebut bertujuan untuk mengetahui motif yang dimiliki followers untuk mengikuti akun Instagram @ottencoffee, mengukur tingkat kepuasan yang diterima setelah mengikuti akun tersebut serta untuk mengetahui apakah akun Instagram @ottencoffee dapat memuaskan khalayaknya sebagai suatu akun media sosial. Teknik pengambilan data penelitian dilakukan menggunakan metode kuesioner daring yang dibagikan ke 100 orang responden yang merupakan followers akun Instagram @ottencoffee, melalui fitur kuesioner daring Google Form. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling yang kemudian dianalisis menggunakan analisis korelasi Spearman Rank. Hasil penelitian hubungan antara motif dan kepuasan followers pada akun Instagram @ottencoffee adalah: 1) Motif paling tinggi adalah motif pencarian informasi terkait industri kopi. 2) Kepuasan yang paling tinggi adalah kepuasan dalam pencarian informasi terkait industri kopi. 3) Berdasarkan hasil uji mean kategori motif dan kepuasan, akun Instagram @ottencoffee memberikan kepuasan kepada khalayaknya. 4) Terdapat hubungan antara motif dengan kepuasan setelah mengikuti dan mengkonsumsi konten pada akun Instagram @ottencoffee berdasarkan temuan hubungan yang terjadi antara variabel motif dan kepuasan yang sangat kuat dengan tingkat signifikansi sebesar 77%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Elva Ronaning Roem, M.Si, Novi Elian, M.Si
Uncontrolled Keywords: Instagram, Kepuasan, Motif, Uses & Gratification
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 27 Dec 2023 07:29
Last Modified: 27 Dec 2023 07:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/459816

Actions (login required)

View Item View Item