FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA PETUGAS KESEHATAN DALAM PENEMUAN KASUS PNEUMONIA PADA BALITA DI PUSKESMAS KOTA PADANG TAHUN 2023

Abu, zdar Algifari (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA PETUGAS KESEHATAN DALAM PENEMUAN KASUS PNEUMONIA PADA BALITA DI PUSKESMAS KOTA PADANG TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abudzar Algifari_Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (300kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Abudzar Algifari_Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (546kB)
[img] Text (Bab penutup)
Abudzar Algifari_Bab 6 Kesimpulan Saran.pdf - Published Version

Download (311kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Abudzar Algifari_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (417kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Abudzar Algifari_SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Kota Padang merupakan wilayah dengan penemuan kasus pneumonia pada balita terbanyak di Provinsi Sumatera Barat. Dari 23 pusksmas, hanya 2 yang mencapai target penemuan kasus pneumonia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja dari petugas kesehatan dalam melakukan penemuan kasus pneumonia pada balita di puskesmas Kota Padang. Penelitian menggunakan desain studi cross sectional. Populasi terdiri dari PJ ISPA, petugas MTBS dan dokter yang menangani pneumonia dengan jumlah sampel 32 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara menggunakan kuesioner dan dianalisis melalui analisis univariat, bivariat menggunakan uji statistik chi square dan multivariat menggunakan uji regresi logistik. Lebih setengah petugas kesehatan memiliki kinerja baik dalam melakukan penemuan kasus pneumonia pada balita. Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi (p-value=0,015), dukungan kepala puskesmas (p-value=0,017), dukungan rekan kerja (p-value=0,016) dan supervisi (p-value=0,016) terhadap kinerja petugas kesehatan. Sedangkan pendidikan, usia, lama kerja, pelatihan, dan sarana prasarana tidak terdapat hubungan yang signifikan terhadap kinerja petugas kesehatan. Supervisi merupakan faktor dominan yang berhubungan dengan kinerja petugas kesehatan.Supevisi merupakan faktor dominan terhadap kinerja petugas kesehatan. Bertindak proaktif dalam memberikan pendekatan dan tanggung jawabnya seperti memiliki perencanaan kedepan dan mengatasi masalah yang timbul dengan cara yang sesuai dengan jenis masalah yang dihadapi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yeffi Masnarivan, S.K.M., M.Kes.
Uncontrolled Keywords: Kinerja Petugas Kesehatan, Penemuan Kasus, Pneumonia
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 23 Nov 2023 07:25
Last Modified: 23 Nov 2023 07:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/459003

Actions (login required)

View Item View Item