Pembangunan Aplikasi Dengan Model Bisnis Marketplace Untuk Membantu Pemasaran Oleh-Oleh Makanan pada UMKM Kota Payakumbuh

Oktari, Distifia (2023) Pembangunan Aplikasi Dengan Model Bisnis Marketplace Untuk Membantu Pemasaran Oleh-Oleh Makanan pada UMKM Kota Payakumbuh. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (114kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB I (DISTIFIA_1911521016).pdf - Published Version

Download (215kB)
[img] Text (BAB VI (Penutup))
BAB VI (DISTIFIA_1911521016).pdf - Published Version

Download (55kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (DISTIFIA - 1911521016).pdf - Published Version

Download (190kB)
[img] Text (Fulltext)
TA - 1911521016 - DISTIFIA_OKTARI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (30MB)

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) adalah salah satu usaha yang saat ini berkembang di masyarakat. Masyarakat umumnya memanfaatkan potensi yang ada di daerah mereka untuk mengembangkannya menjadi sebuah usaha. Salah satu daerah yang memanfaatkan potensinya yaitu Kota Payakumbuh. Di daerah ini banyak sekali usaha oleh-oleh makanan yang dikembangkan langsung oleh masyarakat sekitar. Untuk saat ini proses pemasaran masih dilakukan secara konvensional, sedangkan produk olahan makanan pada daerah ini merupakan produk yang berpotensi memiliki harga jual yang tinggi dan merupakan salah satu produk makanan yang banyak diminati oleh masyarakat luas. Pemasaran yang dilakukan secara konvensional ini berdampak pada penjualan mereka, penjualan hanya dilakukan di daerah Payakumbuh dan sekitarnya sehingga dibutuhkanlah sebuah cara yang bisa melakukan pemasaran seluas-luasnya. Cara tersebut adalah dengan membangun aplikasi berbasis model bisnis marketplace pada UMKM oleh-oleh makanan di Kota Payakumbuh. Aplikasi dengan model bisnis marketplace merupakan aplikasi yang bisa digunakan sebagai platform bagi pelaku usaha untuk mempromosikan produknya dan bisa juga untuk melakukan transaksi penjualan dan pembelian produk secara online. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan studi literatur, serta metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu metode waterfall. Tahapan dari metode waterfall ini meliputi requirement, design, implementation, verification. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu adanya sebuah aplikasi dengan model bisnis marketplace pada UMKM oleh-oleh makanan di Kota Payakumbuh yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman php dengan framework laravel. Dengan adanya aplikasi ini menjadi sebuah solusi sebagai sarana promosi bagi para pelaku usaha UMKM serta mempermudah proses transaksi penjualan dan pembelian jarak jauh pada UMKM oleh-oleh makanan di Kota Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 21 Nov 2023 10:47
Last Modified: 21 Nov 2023 10:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/458549

Actions (login required)

View Item View Item