HUBUNGAN PENGETAHUAN, KETERSEDIAAN INFORMASI, DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP PERILAKU PERSONAL HYGIENE SAAT MENSTRUASI PADA SISWI SMP NEGERI 5 PADANG

Dea, Rizka Putri (2023) HUBUNGAN PENGETAHUAN, KETERSEDIAAN INFORMASI, DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP PERILAKU PERSONAL HYGIENE SAAT MENSTRUASI PADA SISWI SMP NEGERI 5 PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan abstrak)
cover-dea rizka.pdf

Download (377kB)
[img] Text (Bab 1)
bab 1-dea rizka.pdf

Download (203kB)
[img] Text (Bab 7)
bab vii-dea rizka.pdf

Download (169kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
dapus-dea rizka.pdf

Download (209kB)
[img] Text (skripsi full text)
full text dea rizka putri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Personal hygiene saat menstruasi yang buruk dapat menyebabkan infeksi genital, iritasi pada kulit, dan infeksi saluran kemih. Berdasarkan data Medspace (2021) kasus vaginitis umum dialami remaja, 40%-50% kasus vaginosis dan 20%-25% kasus kandidiasis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan, ketersediaan informasi, dan dukungan keluarga terhadap perilaku personal hygiene saat menstruasi pada siswi SMP Negeri 5 Padang. Penelitian ini bersifat kuantitatif, dilakukan di SMP Negeri 5 Padang pada bulan April-Juli 2023. Populasi penelitian adalah siswi kelas VII dan VIII berjumlah 253 orang dengan jumlah sampel 70 orang, ditentukan menggunakan teknik sampling purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji chi-square. Hasil penelitian ini mendapatkan bahwa 41,4% responden memiliki perilaku personal hygiene yang buruk saat menstruasi, 8,6% responden memiliki pengetahuan yang kurang, 20% responden mendapatkan ketersediaan informasi yang kurang, dan 11,4% responden mendapatkan dukungan keluarga yang cukup. Analisis chi-square menunjukkan terdapat hubungan antara pengetahuan (p=0,025), ketersediaan informasi (p=0,018), dan dukungan keluarga (p=0,009). Terdapat hubungan antara pengetahuan, ketersediaan informasi, dan dukungan keluarga terhadap perilaku personal hygiene saat menstruasi pada siswi SMP Negeri 5 Padang. Diharapkan sekolah dapat menyediakan informasi mengenai kesehatan reproduksi yang lebih baik melalui penyuluhan atau kegiatan ekstrakurikuler.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Arni Amir, MS
Uncontrolled Keywords: Perilaku, Personal Hygiene, Menstruasi, Pengetahuan, Ketersediaan Informasi, Dukungan Keluarga
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 23 Nov 2023 08:08
Last Modified: 23 Nov 2023 08:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/458194

Actions (login required)

View Item View Item