APLIKASI MASSAGE MINYAK ZAITUN UNTUK MENGURANGI DEKUBITUS PADA PASIEN PENURUNAN KESADARAN DI RUANG INTENSIVE CARE UNIT (ICU) RSUP DR.M. DJAMIL PADANG

Rihadatul, Nur (2023) APLIKASI MASSAGE MINYAK ZAITUN UNTUK MENGURANGI DEKUBITUS PADA PASIEN PENURUNAN KESADARAN DI RUANG INTENSIVE CARE UNIT (ICU) RSUP DR.M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (220kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (320kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (196kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKAA.pdf - Published Version

Download (422kB)
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL TEXT)
Tugas akhir full text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pasien kritis yang dirawat di Ruang Intensive Care Unit (ICU) dengan penurunan kesadaran beresiko mengalami dekubitus. Penerapan hasil penelitian massage menggunakan massage minyak zaitun ini bertujuan untuk mencegah terjadinya dekubitus pada pasien kritis yang dirawat di Ruang ICU. analisis masalah dilakukan untuk mendapatkan informasi tentang efektifitas massage menggunakan minyak zaitun untuk mencegah terjadinya dekubitus. Intervensi massage menggunakan minyak zaitun dilakukan pada 1 orang pasien kritis yang dirawat di ruang ICU dan dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Tindakan massage menggunakan minyak zaitun dilakukan satu kali sehari selama 3 hari dan selanjutnya dilakukan evaluasi. Setelah dilakukan evaluasi didapatkan bahwa massage minyak zaitun signifikan dalam mencegah dekubitus. Minyak zaitun yang diaplikasikan pada kulit dengan cara massage dapat memberikan dampak meningkatkan aliran darah, merilekskan jaringan kulit, menjaga kelembaban kulit dan sebagai anti inflamasi. Jadi penerapan aplikasi jurnal massage minyak zaitun yang dilakukan pada pasien kritis dengan bedrest total di ruang ICU memberikan manfaat mencegah dekubitus, sehingga dapat menurunkan peluang terjadinya dekubitus dan berdampak menurunkan hari perawatan pasien di ICU.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Emil Huriani, S.Kp, MN
Uncontrolled Keywords: Dekubitus, massage minyak zaitun, ICU
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 16 Nov 2023 01:49
Last Modified: 16 Nov 2023 01:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/457669

Actions (login required)

View Item View Item