Pengaruh Edukasi Emotional Demonstration Terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil Tentang ASI Eksklusif di Puskesmas Rawang Kota Sungai Penuh

Sonia, Hardika Putri (2023) Pengaruh Edukasi Emotional Demonstration Terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil Tentang ASI Eksklusif di Puskesmas Rawang Kota Sungai Penuh. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (409kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
Sonia Hardika Putri_1911221002_Gizi_BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (345kB)
[img] Text (BAB Akhir (Penutup))
Sonia Hardika Putri_1911221002_Gizi_BAB Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (34kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Sonia Hardika Putri_1911221002_Gizi_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (339kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Sonia Hardika Putri_1911221002_Gizi_Skripsi Full Watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Air Susu Ibu (ASI) merupakan asupan nutrisi yang lengkap untuk bayi pada awal kehidupan dan berperan penting dalam pertumbuhan. Emo-Demo merupakan suatu teknik edukasi yang sangat partisipatif yang bertujuan untuk menyampaikan pesan dengan cara yang menyenangkan, imajinatif, menyentuh emosi, dan menggunakan alat peraga yang inovatif sehingga lebih mudah di ingat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi menggunakan metode Emo-Demo terhadap pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang ASI Eksklusif. Metode Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen pre-test and post-test with control group. Penelitian dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Rawang pada bulan April - Agustus 2023. Sampel terdiri dari 20 orang ibu untuk setiap kelompok dengan menggunakan teknik probability sampling dengan jenis simple random sampling. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan Mann Whitney. Hasil Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata skor pengetahuan dan sikap ibu hamil sebelum dan sesudah edukasi pada kelompok intervensi yang menggunakan metode Emo-Demo dengan nilai p-value 0,000 untuk pengetahuan dan p-value 0,000 untuk sikap. Terdapat perbedaan yang signifikan skor pengetahuan dan sikap ibu hamil setelah edukasi antara kelompok intervensi dan kontrol ditandai dengan nilai p-value 0,000 untuk pengetahuan dan p value 0,001 untuk sikap. Kesimpulan Pemberian edukasi menggunakan metode Emo-Demo berpengaruh terhadap perubahan pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang ASI Eksklusif. Diharapkan Puskesmas dapat memanfaatkan metode Emo-Demo sebagai metode pendidikan kesehatan, khususnya dalam pemberian edukasi kepada ibu hamil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Helmizar, SKM, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: ASI Eksklusif, Emo-Demo, Pengetahuan, Sikap
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:04
Last Modified: 15 Nov 2023 02:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/457553

Actions (login required)

View Item View Item