Pengaruh Edukasi Gizi Media Booklet Tentang Isi Piringku Terhadap Perubahan Pengetahuan dan Sikap Ibu Baduta untuk Pencegahan Stunting di Wilayah Kerja Puskesmas Ikur Koto

Novia, Ramadhani (2023) Pengaruh Edukasi Gizi Media Booklet Tentang Isi Piringku Terhadap Perubahan Pengetahuan dan Sikap Ibu Baduta untuk Pencegahan Stunting di Wilayah Kerja Puskesmas Ikur Koto. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (61kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (151kB)
[img] Text (Bab 6 Penutup)
BAB 6 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (131kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (149kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT NOVIA RAMADHANI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi gizi media booklet tentang isi piringku terhadap perubahan pengetahuan dan sikap ibu baduta untuk pencegahan stunting. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen pre-test and pos-test with control group. Penelitian dilakukan di wilayah kerja puskesmas Ikur Koto dari bulan April-Oktober 2023. Sampel berjumlah 20 orang ibu baduta untuk setiap kelompok yang diambil dengan teknik Purposive Sampling. Analisis data menggunakan Paired Sample t-Test, Wilcoxon, dan Mann Whitney. Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat perbedaan rerata pengetahuan dan sikap ibu baduta sebelum dan sesudah edukasi pada kelompok intervensi ditandai dengan p-value=0,0001 untuk pengetahuan dan p-value=0,0001 untuk sikap. Terdapat perbedaan rerata sikap ibu baduta sebelum dan sesudah edukasi pada kelompok kontrol ditandai dengan p-value=0,004, namun tidak terdapat perbedaan rerata pengetahuan sebelum dan sesudah edukasi pada kelompok kontrol ditandai dengan p-value=0,085. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan dan sikap antara kelompok intervensi dan kontrol ditandai dengan p-value=0,0001 untuk pengetahuan dan p-value=0,0001 untuk sikap. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian edukasi dengan media booklet dapat mempengaruhi perubahan pengetahuan dan sikap ibu baduta.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Helmizar, SKM, M.Biomed
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 14 Nov 2023 08:46
Last Modified: 14 Nov 2023 08:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/457498

Actions (login required)

View Item View Item