HUBUNGAN TINGKAT KOMITMEN ORGANISASI DAN TINGKAT STRES KERJA TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PERAWAT DAN BIDAN DI RSIA RESTU IBU TAHUN 2022

Shaola, Syafrullah Kader (2023) HUBUNGAN TINGKAT KOMITMEN ORGANISASI DAN TINGKAT STRES KERJA TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PERAWAT DAN BIDAN DI RSIA RESTU IBU TAHUN 2022. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak (1).pdf - Published Version

Download (54kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (62kB)
[img] Text (Bab Penutup)
3. PENUTUP.pdf - Published Version

Download (36kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (384kB)
[img] Text (Full Text)
5. THESIS FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pendahuluan : Faktor penyebab kepuasan kerja karyawan di RSIA Restu Ibu adalah komitmen pada organisasi sebesar 47% dan stres kerja sebesar 35,2%, Ini semua disebabkan karena beban kerja banyak dirasakan oleh perawat dan bidan, karena ada pertukaran manajemen sehingga tidak sempurnanya hak yang didapatkan oleh karyawan, sehingga tingginya angka turnoven sebesar 16,05%. Angka ini berada di atas normal yaitu 5-10%, hal ini menunjukkan adanya permasalahan yang dialami di organisasi ini terutama di bidang managemen sumber daya manusia. Tujuan : Mengetahui penyebab Tingkat kepuasan kerja pada perawat dan bidan di RSIA Restu Ibu dengan intensi variabel Tingkat Komitmen Organisasi dan Tingkat Stres Kerja tahun 2022 Metode : penelitian merupakan penelitian cross sectional yaitu suatu pendekatan yang sifatnya sesaat pada suatu waktu dan tidak diikuti terus-menerus dalam kurun waktu tertentu. Pengambilan informasi mengenai variabel dependen dan variabel independen dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner terhadap 43 responden. Variabel yang diukur adalah komitmen organisasi, stress kerja dan kepuasan kerja. Analisis data menggunakan analisis korelasi dan triangulasi data. Kesimpulan : Komitmen organisasi dan stres kerja berhubungan dengan kepuasan. Karyawan merasa perusahaan tidak memiliki banyak makna pribadi bagi mereka,kurang percaya dan loyal terhadap perusahaan,dan mereka akan meninggalkan perusahaan jika ada tawaran pekerjaan yang lebih baik. Stres kerja ditimbulkan oleh pekerjaan yang tidak terkoordinasi dengan baik, karyawan merasa ditekan dengan banyak aturan, kerja keras mereka tidak sebanding dengan hasil yang diterima, beban kerja yang tinggi, pembagian tugas dan tanggung jawab pekerjaan yang tidak jelas, sering mengalami konflik dalam menjalankan tugas, tenaga yang kurang serta rutinitas pekerjaan. Sebaiknya RS membuatkan program kerja dalam hal pengembangan SDM seperti adanya jenjang karir, penghargaan, tunjangan, uang sosial dan mampu memberikan kebutuhan dan fasilitas kerja yang baik dan memadai bagi perawat dan bidan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Elly Usman, Apt, Msi
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Kerja, komitmen organisasi, stres kerja
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 14 Nov 2023 08:18
Last Modified: 14 Nov 2023 08:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/457489

Actions (login required)

View Item View Item