Hubungan Self-Efficacy dengan Stres Akademik pada Mahasiswa dalam Menyusun Skripsi di Fakultas Keperawatan Universitas Andalas

Putri, Prihandini (2023) Hubungan Self-Efficacy dengan Stres Akademik pada Mahasiswa dalam Menyusun Skripsi di Fakultas Keperawatan Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (444kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (452kB)
[img] Text (BAB VII)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (306kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (486kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswa adalah agen yang rentan memiliki stres akademik yang tinggi dalam mengerjakan skripsi sehingga membutuhkan self-efficacy yang tinggi. Self-efficacy merupakan salah satu faktor internal yang dapat mempengaruhi stres akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self-efficacy dengan stres akademik pada mahasiswa dalam menyusun skripsi di Fakultas Keperawatan Universitas Andalas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain cross sectional. Pengumpulan data penelitian dilakukan dari bulan Juni-Juli 2022 dengan sampel sebanyak 152 mahasiswa yang menggunakan metode sensus (total sampling) dan data dianalisis menggunakan uji chi-square. Instrumen penelitian menggunakan Self-Efficacy Scale dan Gadzella’s Student-Life Stress Inventory. Hasil penelitian menunjukkan lebih dari setengah mahasiswa memiliki self-efficacy rendah (50,7%) dan mengalami stres akademik sedang (73%). Berdasarkan hasil uji statistik, terdapat hubungan antara self-efficacy dengan stres akademik pada mahasiswa dalam menyusun skripsi di Fakultas Keperawatan Universitas Andalas (p-value = 0,000). Oleh karena itu, diharapkan pihak institusi pendidikan dapat memotivasi mahasiswa, memberikan layanan konseling secara aktif dan berkesinambungan melalui pembimbing akademik dan dosen pembimbing skripsi, dan menciptakan program untuk mengetahui dan mengatasi stres akademik yang dirasakan mahasiswa dalam menyusun skripsi dengan cara screening berkala.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Feri Fernandes, M.Kep.,Sp.Kep.J
Uncontrolled Keywords: mahasiswa, self-efficacy, skripsi, stres akademik
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 14 Nov 2023 08:15
Last Modified: 14 Nov 2023 08:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/457407

Actions (login required)

View Item View Item